17 Hal yang Bisa Dilakukan di Kota Palembang

Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan di Kota Palembang –

Palembang merupakan kota yang terkenal dengan segudang daya tarik. Tapi ada beberapa hal yang ingin palembanginfo.com sampaikan mengenai apa yang bisa dilakukan di kota Palembang.

1. Kuliner

pempek

Mari kita mulai dari kuliner, terdapat banyak kuliner khas Palembang
Empek Empek (A.K.A Pempek). Ingin cari cita rasa yang waw saya sarankan ke daerah Plaju, disini banyak terdapat penjual pempek yang sudah lama terkenal cita rasanya tapi dengan harga yang lebih mahal. Namun jika anda ingin yang murah meriah dan cita rasa lumayan, anda bisa mencarinya di daerah Jl. Merdeka.
Kemplang & Kerupuk. Biasa dijadikan oleh-oleh dari Palembang. Begitu banyak yang menjualnya di Palembang. Salah satu yang terkenal adalah Toko Maulana yang cabangnya sudah banyak tersebar.
Model, Tekwan, dan Mie Celor. Kuliner satu ini banyak dijual terutama di pagi hari dan sangat mudah ditemukan dipenjual yang menggunakan gerobak di pinggir-pinggir jalan.
Lakso, Burgo, Celimpungan, & Laksan. Ketiga kuliner dahulu hanya muncul ketika Ramadhan tiba, namun sekarang telah banyak dijual terutama di daerah Plaju juga di pagi hari.
Martabak HAR, berasal dari India awalnya yang diperkenalkan pertama kali di Palembang oleh H. Abdul Razak. Dapat ditemukan pusatnya diseberang jalan Masjid Agung Palembang.
 Pindang. Ada banyak jenis varian kuliner ini yang susah untuk dijelaskan dengan kata-kata namun lebih mudah dijelaskan dengan dicicipi langsung. Tidak lengkap rasanya ke Palembang kalau belum pernah makan siang dengan Pindang.
 Tempoyak. Kuliner yang berbahan utama duren yang difermentasikan. Biasanya dimasak lagi menadi kuliner lan seperti pindang, ikan pepes, ataupun ditumis. Di penduduk lokal daerah komering biasanya membuat Jok-Jok yaitu semacam saos yang dibuat dari campuran tempoyak dengan beberapa bumbu. Biasanya dihidangkan dengan ikan ataupun telur.

2. Jembatan Ampera

Ampera
Sudah menjadi cerita umum bahwa salah satu jembatan yang menggabungkan 2 wilayah Palembang ini adalah ikon utama Palembang. Jembatan ini telah dibangun sejak April 1962 dan dibuka untuk umum pada 30 september 1965. Jika ingin berfoto ria maka disarankan lakukan ketika malam hari, dengan adanya lampu-lampu yang menerangi semakin memperindah suasana di Jembatan Ampera.

3. Sungai Musi

SONY DSC
Sungai yang terbentang sepanjang 750 km membagi Kota Palembang jadi 2 wilayah seberang ilir dan seberang ulu. Anda bisa berkeliling mengitari sungai musi ini menggunakan transportasi kapal yang banyak tersedia di pinggiran sungai musi. Ketika HUT Palembang atau HUT RI, kita dapat melihat perlombaan bidar maupun perahu hias di sungai musi ini.

4. Masjid Palembang

Palembang termasuk kental dengan keagamaan Islam. Jika anda seorang muslim, tentunya anda ingin mencoba sholat disalah satu masjid yang saya sebutkan ini.

masjid_agung
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang
Merupakan salah satu masjid terbesar di Palembang, masjid yang berarsitekkan Indonesia, China dan Eropa terletak dijantung kota Palembang tak jauh dari Jembatan Ampera. Bahkan jika anda mendapat izin dari penjaga masjid, anda bisa melihat kota palembang dari atas Menara masjid.

masjid_cenghoo
Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang
Sesuai namanya masjid ini adalah masjid unik bernuansa Tionghoa dan Arab yang diprakarsai Persatuan Islam Tionghoa Indonesia. Masjid ini terletak di daerah Jakabaring. Sekilas akan terlihat seperti Kuil.

5. Al-Qur’an Terbesar

Al-Qur'an
Al-Qur’an Al-Akbar merupakan Al-Qur’an terbesar di dunia. yang telah masuk dalam rekor MURI serta Guinnes of Record idenya sendiri salah satunya dicetuskan oleh Sofwatillah Mohzaib keturunan asli Palembang. Al-Qur’an ini terbuat dari kayu pohon tembesi. Harapannya Qur’an terbesar ini bukan hanya menjadi salah satu objek wisata, melainkan bisa dijadikan rujukan untuk pencetakkan Al-Qur’an-yang ada agar tidak terjadi lagi kasus kesalahan cetakan yang pernah terjadi.

6. Kampung Kapitan

kapitan
Jika anda ingin ke ”Chinese Townya” Palembang, maka datanglah ke Kampung Kapitan. Kampung yang kental dengan peradaban China di Tanah Sriwijaya. Terletak di daerah 7 Ulu, disini banyak terdapat rumah-rumah bergaya China, Palembang & Belanda yang dibiarkan tidak direnovasi sehinnga terlihat tua dimakan zaman. Dan kita bisa melihat foto-foto di masa lampau tentang kejayaan keluarga Kapitan Tjoa perwira keturunan China.

7. Pulau Kemaro

kemaro
Pulau yang terletak di tengah sungai musi ini biasanya ramai dikunjungi ketika Perayaan Tahun Baru China, dimana biasanya disediakan transportasi gratis untuk kesana. Di Pulau ini juga kental dengan bangunan-bangunan bernuansa China. Salah satunya adanya pagoda dengan tinggi 9 lantai.

8. JSC (Jakabaring Sport City)

JSC
Tempat terletaknya stadion kandang Klub Sepak Bola Sriwijaya, sekarang telah menjadi pusat tempat olahraga di Palembang. Dimana telah ditambahkan Wisma Atlet, Venue olahraga lain seperti Aquatic Center, Lapangan Atletik, Volley Beach, Lapangan Tembak terbesar se-Asia, Ski Air, dan Panjat Tebing. Dimana disekitar Pekarangan JSC ini terdapat danau yang dijadikan arena untuk olahraga air. Dan di setiap akhir pekan, JSC biasanya ramai terutama disekitar danau. .

9. Songket Palembang

gambar songket
Kain khas Palembang ini biasa digunakan untuk acara-acara pernikahan atau event-event tertentu di Palembang. Di Palembang Songket ini masih ditenun secara manual dengan menggunakan benang emas, serta kain yang berwarna merah. Kita bisa melihat pembuatannya di daerah 30 Ilir yang merupakan sentral pembuatan songket.

10. Museum Balaputra Dewa

Museum
Jika anda menyukai sejarah, maka ini salah satu tempat yang perlu dikunjungi. Di Museum ini terdapat Galeri Melaka, Arca-Arca patung peninggalan kerajaan Sriwijaya, serta Rumah Limas Palembang, dan banyak peninggalan-peninggalan sejarah palembang yang bisa dilihat disini. Museum ini terletak di Jl. Srijaya Km 5 Palembang.

11. Monpera Palembang

monpera
Monumen Perjuangan yang terletak didekat Jembatan Ampera & Masjid Agung ini merupakan salah satu ikon Palembang juga. Disini terdapat beberapa koleksi museum, peninggalan sejarah pada perang 5 hari 5 malam, bahkan ada juga koleksi mata uang. Pada bagian atas kita juga bisa menyaksikan pemandangan dari kota palembang.

12. Pasar Palembang

pasar induk
Jika anda ingin berbelanja ke pasar tradisional dengan harga yang murah. Maka anda perlu pergi ke Pasar Induk yang terletak di daerah Jakabaring. Pasar Induk ini terbagi menjadi 2 bagian Pasar Tradisional yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, ataupun Pasar Buah disini anda bisa mencari buah-buah khas dari Palembang dengan harga yang tentunya murah dibandingkan pasar-pasar lainnya yang ada di Palembang.

13. Wahana Air Palembang

Fantasy Island
Tak berbeda jauh dengan dengan kota-kota lainnya, Palembang juga mempunyai beberapa wahana air
Fantasy Island, yang berlokasi di Jl. Sriwijaya Km 13 Kel. Karya Jaya Kec. Kertapati ini salah satu tempat berlibur penduduk lokal, yang biasnya ramai dihari libur. Ada berbagai macam permainan seperti Water Boom, Go Kart, Dragon Tower, dll. Dengan 1x tarif biaya masuk kita bisa menikmati puas semua wahana yang ada.
Amanzi Park, terletak di Jl. Alang-Alang Lebar Talang Kelapa, Kompleks Grand City. Wahana ini berbeda dengan Fantasy Island karena bertemakan hutan liar Afrika. Sama halnya dengan Fantasy Island, Amanzi Park juga padat pengunjung terutama ketika liburan. Beberapa permainannya seperti Kolam Arus RIver Nille, The Cyclone, The Falls, dll yang dapat anda nikmati. Namun sistem pembayaran disini sedikit berbeda karena menggunakan smart card semacam kartu keanggotaan yang berlaku selama 1 bulan.
OPI Waterfun, yang berada di Komplek Perumahan Ogan Permata Indah (OPI) Jl. Gubernur H.A. Basri Jakabaring ini juga salah satu tempat favorit liburan warga sumsel. Wahan permainannya tak berbeda jauh dengan yang ada di Wahana air pada umumnya.

14. OPI Ice Rink

opi ice rink
Warga Palembang sekarang tidak perlu jauh-jauh keluar kota untuk menikmati Ice Skating, karena sekarang Palembang memiliki Wahana OPI Ice RInk yang berada di Kompleks OPI Mall Jakabaring. Kabarnya OPI Ice Rink ini mampu menampung hingga 200 orang.

15. Pentas Dul Muluk

dul muluk
Salah satu kesenian peninggalan Palembang yang hampir punah. Meskipun masih terdapat beberapa sanggar Dul Muluk di Palembang dan masih sering diadakan perlombaan. Beberapa sanggar yang masih hidup seperti
Sanggar Alon Jaya di Jl. Ponorogo Kec. Sukajaya
Sanggar Srigunawan di Jl. Bagus Kuning, Plaju
Sanggar Bintang Sriwijaya di Jl. Musi II, Keramasan
Sanggar Tunas Muda di Jl. Sunan, Kertapati
Atau bisa disaksikan di TVRI stasiun Palembang yang masih menyiarkan kesenian Dul Muluk ini.

16. Benteng Kuto Besak

benteng-kuto-besak
Merupakan bangunan keraton kesultanan palembang pada awalnya, yang sekarang bagian dalamnya tertutup untuk umum karena dijadikan pangkalan militer, namun benteng ini tetap mempesona terutama ketika sore atau malam hari ditamabah cahaya lampu-lampu. Kedepannya Pemkot Palembang berencana mengembangkan daerah ini untuk mendukung Benteng Kuot Besak sebagai salah satu tempat wisata di palembang.

17. Hutan Punti Kayu

punti kayu
Sebuah tempat wisata yang dimiliki Palembang terletak di Km 7 Palembang..Meskipun kalah populer dibanding tempat wisata lainnya, dikawasan ini masih terdapat kebun binatang dan tentunya merupakan kawasan hutan pinus terbesar se-Indonesia. Selain itu unutk menunjang wisata didaerah ini dibangunlah berbagai wahan seperti jembatan gantung, perahu naga, outbound, flying fox, dll. Manajer pengelola hutan ini juga selalu melaksanakan fungsinya dengan cara diadakan berbagai kegiatan edukasi seperti program pengamatan satwa, penanaman pohon, atau paket wisata anak cerdas.

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan di Palembang, dari begitu banyaknya hal-hal lain yang tidak dapat kami sampaikan. Semoga ini bisa menjadi bahan referensi bagi yang ingin melakukan liburan di Palembang.

17 Hal yang Bisa Dilakukan di Kota Palembang
5 (100%) 1 vote

users rated 5 / 5 based on 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *