Berwisata Ke Museum Rumah Bari

 

Uang 10000

Pastinya kita sudah mengetahui kan bagaimana bentuk rumah adat yang ada di uang 10.000 itu namun tanpa kita sadari kita tidak mengetahui dimana asal rumah limas yang ada di ang tersebut . Nah ternyata rumah limas tersebut berasal dari sumatera selatan kota Palembang , jika kalian pecinta sejarah kalian dapat melihat langsung bentuk rumah limas ini dengan uang 10.000 pastinya bentuknya akan sama persis .

Ada banyak tempat rekreasi di kota palembang salah satunya adalah dengan berkunjung ke rumah limas yang ada di uang 10.000 rupiah , rumah limas ini terletak di dalam area museum balaputra dewa Palembang , tentu saja ini menjadi koleksi menarik bagi kota Palembang karena rumah adat asal sumatera selatan ini dijadikan icon pada uang 10.000 rupiah .

Rumah-Limas-Museum-Balaputra-Dewa-Palembang-blogdetik.com_

Coba perhatikan rumah limas ini secara keseluruhan terbuat dari kayu dan identik dibagian atap berbentuk seperti tanduk kambing yang memiliki maksud sendiri dari jumlah- jumlah pada bagian atapnya yaitu 5 melambangkan rukun islam dan 6 rukun iman serta 4 sahabat nabi , 3 itu matahari dan bulan serta 2 adam dan hawa .

rumah-limas-palembang-4

Keunikan lainnya pada rumah limas ini adalah  dibangun dengan system knock down yaitu bisa dibongkar pasang dan dipindahkan tempatnya , area disekitaran rumah limas ini cukup luas dan banyak pohon-pohon sehingga udara disekitaran rumah limas ini terasa sejuk . Lebih menarik lagi jika kita melihat ke dalam isi rumah limas ini diantaranya ada beberapa alat musik seperti angklung dan beberapa alat tenun dan masih banyak lagi barang – barang bersejarah lainnya.

Karena lingkungan disekitar rumah limas ini sangat ramah sehingga kita keasyikan berselfie ria denga n uang 10.000 yang berlatar belakang langsung dengan rumah limas aslinya . Bagi para traveler untuk jalan-jalan serta wisata kesini hanya dikenakan biaya kurang lebi 5000 , dengan biaya yang sangat murah tersebut kita bisa melihat langsung koleksi apa saja yang ada disini .

Keunikan lainnya yang ada di rumah limas ini yang diberi nama Museum Rumah Bari adalah tidak menggunakan paku , kira-kira traveller kepikiran ga apa jadinya rumah yang seluruhnya terbuat dari kayu tetapi tidak menggunakan paku ? penasaran kan ? dan temukan langsung keunikan lainnya yang ada dirumah limas ini yah ..

 

VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0 (from 0 votes)
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
users rated 5 / 5 based on 21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.