Berwisata ke Pulau Kemaro Palembang

Berwisata ke Pulau Kemaro – Tak asing lagi mungkin bagi para orang Tionghoa bila mendengar kisah atau legenda pulau kemaro mungkin masih ada yang belum tau dimana letak pulau kemaro itu sediri . Guys, pulau kemaro terletak di palembang sumatera selatan lokasinya terletak sekitar 6 km dari jembatan ampera atau 40 km dari kota palembang ,bila kita ingin mengunjungi pulau ini maka kita harus menyemberangi sungai musi dengan cara naik perahu , ketek , kapal wisata atau sampan yang ada di dermaga di pinggiran sungai musi atau juga dermaga yang ada di pt pusri dan sungai Grong palembang .

Pulau-kemaro

Waktu tempuh pun tidak terlalu memakan waktu lama hanya 5 menit jika kita naik dari dermaga yang ada di PT Pusri atau 15 menit yang ada di dermaga sungai Musi dibawah jembatan ampera . Tapi jika kalian baru mengunjungi palembang ada baiknya jika untuk mengunjungi pulau kemaro melewati jembatan Musi karena kalian bisa jalan-jalan atau mengelilingi BKB (Benteng Kuto Besak ) yang juga terkenal banyak kuliner disini .

Oke , dalam perjalanan anda menuju pulau kemaro anda akan dihibur dengan ombak ramah sepanjang sungai musi dan juga karena lokasinya di kawasan industri disini anda akan melihat cukup banyak aktivitas yang dikerjakan masyarakat palembang di sepinggiran sungai musi , seperti ada banyak kapal-kapal yang melintas mebawa berbagai macam barang-barang dagangan .

Nah setelah sampai di pulau kemaro anda akan langsung disambut dengan vihara cina atau kelenteng Hok Tjing Rio , terdapat juga kuil budha , makam dari Putri Palembang Siti Fatimah , Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau kemaro , makam Tan Bun An atau makam pangeran yang berdampingan dengan makam sang putri , dan juga yang tak kalah melenda nya yaitu pohon cinta .

pagoda-pulau-kemaro

Pohon cinta itu dilambangkan dengan cinta sejati biasanya banyak muda-mudi yang datang kesini menurut kepercayaan orang Tionghoa bila sepasang kekasih menuliskan namanya di pohon cinta maka hubungannya pun akan langgeng , di pulau kemaro ini memiliki daya tarik yang tersendiri setidaknya kurang lebih 70 ribu pengunjung yang datang kesini untuk beribadah atau sekedar meramaikan suasana pada saat cap gomeh , pengunjung yang datang guys tidak hanya dari dalam negeri saja tetapi diluar mancanegara pun banyak turis-turis yang datang kesini , jadi tak heran bila kita membayangkan betapa meriahnya perayaan cap go meh pada saat imlek disini .

pohon-cinta

Jangan takut sobat meskipun kalian berada di tengah – tengah pulau dan jauh dari dataratan disini anda juga bisa menikmati makanan khas palembang dan ada juga yang menjual sovenir-sovenir cantik . masalah harga pun tak terlalu mahal untuk bisa sampai kesini dengan sekali jalan naik perahu dari sini hanya sekirar 30rb rupiah kita bisa menikmati indiahnya pemandangan dan menyaksikan langsung peninggalan legenda-legenda yang dikisahkan . Apalagi bagi umat budha anda bisa sekalian berziarah , berdo’a dan jalan-jalan .

Jadi kalau Anda berkunjung ke palembang, sempatkan untuk berkenjung ke pulau  kemaro..

Berwisata ke Pulau Kemaro Palembang
4 (80%) 1 vote


pulau kemaro,
users rated 5 / 5 based on 07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *