Cabut Subsidi Elpiji Tiga Kilo

Ke­menterian ESDM mulai Juni siap melakukan ujicoba pola pendistribusian Elpiji baru 3 Icilogram di Batam, Bali, dan Bangka, selanjutnya baru menyusul kota lain di Suma­tera. Harga ‘si melon’ di dae­rah tersebut tidak lagi disub­sidi atau sesuai harga keelco­nomian.

Pela ksana Tugas Dirjen Minyak dan Gas Bumi, Ke­menterian ESDM, IGN Wi­ratmaja Puja mengatakan, pemerintah sedang mem­buat sistem baru dalam pe­nyaluran subsidi Elpiji 3 kg. ‘Opsinya banyak. Ada dis­tribusi tertutup, di mana ha­nya orang yang mem ili ki kartu khusus yang boleh beli Elpiji subsidi, ada subsid i langsung dengan kartu khu­sus yang diberikan ke ma­ syarakat dan usaha mikro, ditransfer uang setiap bulan­nya,” kata Wiratmaja, Rabu (25/3) di Jakarta.

Adapun kisaran uang yang
diberikan nanti kepada ma-
syarakat Rp 45 ribu per bu-
lan. Pembayaran menggu-
nakan kartu sakti yang telah
dirancang oleh pemerintah.
Menanggapi hal tersebut
Pengamat Ekonomi dari
Universitas Tridinanti Palem-
bang, Prof Sulbahri menga-
takan, penghapusan subsidi
terhadap gas melon akan
membuat peredaran uang
lebih besar. “Besamya uang
yang beredar akan memicu
ujamya. Selain itu,
harga elpiji juga mengikuti
harga pasar, dan menyebab-
kan harga gas melon di pa-
saran akan relatif mahal.
“Otomatis gas harganya ma-

hal,” katanya. Menurut dia, masyarakat tidak butuh ban- tuan berupa uang. Karena be­rapa pun besar bantuan ter­sebut tidak akan bisa mem­bantu masyarakat. “Masya­rakat butuh lapangan peker­jaan bukan bantuan uang, katanya.

Sementara itu, Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ah­mad Bambang mengatakan, bila kebijakan ini berlaku di seluruh wilayah yang sudah dilakukan program konversi minyak tanah ke Elpiji 3 kg, maka tidak akan lagi ada isu kelangkaan Elpiji. “Tidak ada lagi pennainan agen, tidak ada lagi penimbunan atau penyelewengan Elpiji 3 Icg di­suntik ke Elpiji 12 kg. Kami dukung kebijakan ini,” ka­tanya seperti yang dikutidari detik.com (cr18)

Cabut Subsidi Elpiji Tiga Kilo
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *