Ingin Buat Cafe Yang Gaul Abis? Persiapkan 4 Hal Ini

attenborugh-2016

Ingin Buat Cafe Yang Gaul Abis? Persiapkan 4 Hal Ini – Kamu terinspirasi dengan masa muda yang kamu habiskan bersama teman-teman di cafe saat hangout? Atau kamu bosan dengan pekerjaan yang kamu lakukan sebagia seorang karyawan di salah satu perusahaan karena aktivitas yang kamu lakukan cenderung repetitif atau berulang-ulang?

MungkinĀ  inilah saatnya kamu move on dari hal yang membuat kamu jenuh dan memulai membuka usaha seperti sebuah cafe. Menurut sumber yang diambil dari antaranews.com, kegiatan nongkrong di cafe atau restoran cepat saji sudah menjadi tren dan gaya hidup dikalangan remaja dan eksekutif.

Lalu dengan adanya peluang tersebut, apa saja kah yang harus dipersiapkan dalam membuat cafe yang menjadi favorit anak muda?

  1. Lokasi

Lokasi merupakan hal yang penting untuk direncanakan khususnya untuk bisnis yang melibatkan konsumen secara langsung (Business to Consumer). Pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat keramaian seperti sekolah, gedung perkantoran, mall dan yang lainnya.

 

  1. Sumber Daya Manusia

SDM adalah elemen yang umum untuk dipersiapkan dalam sebuah bisnis, termasuk cafe. Dan yang perlu diperhatikan agar cafe yang kamu bangun laku keras adalah pelayanan yang ramah. Dengan pelayanan yang ramah dan bersahabat, dijamin pelanggan anda akan betah dan balik lagi ke tempat kamu.

 

  1. Konsep

Kalau kamu penggemar Superhero DC atau Marvel, kamu pasti akan betah dengan cafe yang didekorasi dengan aksesoris dan wallpaper Superman atau Captain America? Atau kamu pecinta tahun 70 atau 80an? Maka boleh saja kalau kamu mendesain cafe bergaya retro. Hal ini akan cenderung membuat para pelanggan nyaman dan betah untuk berlama-lama menghabiskan coffe dan snack didalam menu yang kamu sediakan.

 

  1. Menu yang Unik

Dengan menu yang unik dan tidak biasa, maka akan menambah nilai plus bagi cafe yang kamu buat, meskipun dari segi nama. Menu seperti Black Coffe akan lebih bernilai harganya daripada kopi hitam. Atau kentang goreng tentunya memiliki harga yang berbeda dengan French Fries. Dengan mengkombinasikan kerativitas serta rasa, maka cafe yang kamu bangun akan menjadi juara.

 

  1. Sistem yang teratur

Sistem yang teratur bisa diartikan sebagai SOP atau Standar Operasional Prosedur. Hal ini juga termasuk sesuatu yang paling dasar. Misalnya jam kerja, perangkat kerja, aturan kerja, sistem keuangan dan lain sebagainya. Menurut Gizka, salah satu pemilik cafe yang cukup terkenal di Jakarta utara, Ia mempelajari sistem keuangan dan kasir ketika ia bekerja di perusahaan software Point Of Sale yaitu Dealpos, salah satu software kasir untuk perusahaan retail. Jadi ternyata ada gunanya juga kalau kamu menjadi karyawan sebelum membuka usaha.

Aspek yang tak kalah penting setelah Cafe yang kamu bangun sudah berjalan adalah promosi. Manfaatkan social media seperti Facebook, Instagram dan yang lainnya agar menarik perhatian target konsumen yang kamu tuju.

Ingin Buat Cafe Yang Gaul Abis? Persiapkan 4 Hal Ini
5 (100%) 1 vote

users rated 5 / 5 based on 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.