Jembatan Ampera Tempat Wisata bersejarah Palembang

Jembatan Ampera adalah jembatan yang terletak di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, yang merupakan salah satu tempat wisata bersejarah kota Palembang dan menghubungkan dua bagian kota yang terpisah oleh sungai musi, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Singkatan dari Ampera itu sendiri ialah Amanat Penderitaan Rakyat.

Jembatan Ampera yang berada di atas Sungai Musi ini, memiliki lebar 22 m, panjang 1.117 m, tinggi 63 m, dan berat 944 ton. Pembangunan jembatan dimulai setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekarno yaitu pada April 1962.

Jembatan ini baru bisa dipakai pada tahun 1965. Dana untuk pembangunan jembatan ini didapat dari dana hasil rampasan perang Jepang. Bukan hanya biaya saja, jembatan inipun dibangun dengan tenaga ahli dari negara tersebut, dan pada saat itu menjadi salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara.

Jembatan Ampera ini pada saat itu, memiliki satu keistimewaan yaitu pada bagian tengah jembatan ini bisa diangkat ke atas sehingga kapal-kapal yang hendak melintas di bawahnya tidak tersangkut dengan badan jembatan. Jembatan ini mempunyai daya kecepatan angkat sekitar 10 meter per menit, jadi membutuhkan waktu 30 menit untuk mengangkat sempurna area tengah jembatan. Namun, sejak tahun 1970, bagian tengah jembatan Ampera sudah tidak boleh di naik turunkan lagi karena alasan keamanan dan dapat mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang ingin menyebrang.

Bagi Anda yang berkunjung ke kota palembang, tak lengkap jika belum mampir atau melewati jembatan Ampera. Sebab jembatan inilah yang menjadi iconnya kota palembang dan menjadi salah satu Objek wisata bersejarah di Palembang. Jembatan ini akan semakin menarik saat dilihat pada malam hari, karena diterangi oleh lampu-lampu dan pantulan cahaya dari sungai musi yang mengalir di bawahnya. Seakan-akan Jembatan Ampera memiliki bejuta warna yang gemerlap. Pemandangan ini akan membuat Anda yang melintasi Jembatan ini ingin berfoto dan mengabadikan momen cantik di jembatan bersejarah ini. Tidak hanya Jembatan Ampera, Sungai Musi yang ada di bawahnya tak kalah menarik.

Di atas sungai musi, ada banyak aktifitas yang dilakukan masyarakat sekitar sungai. Mulai dari aktifitas, pasar terapung, restoran terapung, rumah terapung hingga pengisian bahan bakar terapung. Pemandangan yang sangat memanjakan mata dengan gemerlip lampu-lampu malam hari yang tidak bisa Anda dapatkan di kota-kota wisata lainnya.

Ada lagi perahu atau kapal-kapal cantik yang menghiasi pinggiran Sungai Musi yang biasanya disebut getek. Getek ini dapat menghantarkan Anda menikmati dan melihat hamparan Sungai Musi dan dengan biaya yang tidak menguras uang Anad. Serta tak kalah menarik, Terdapat salah satu objek wisata bersejarah lainnya yaitu Benteng Kuto Besak yang berada di pinggir Sungai dan menghadap ke Sungai Musi yang sangat menarik hati. Benteng yang berdidi kokoh ini adalah bangunan keraton pada abad XVIII yang menjadi pusat Kesultanan Palembang. Dari benteng ini, Anda dapat melihat Sungai Musi, Jembatan Ampera serta pemandangan lainnya yang tidak membuat Anda menyesal jika berkunjung ke tempat ini. Saran saya saat Anda ingin berkunjung ke jembatan Ampera, sebaiknya pada malam hari. Pesonanya akan memanjakan mata Anda dan membuat Anda tak ingin beranjak dari tempat ini.

Jembatan Ampera Tempat Wisata bersejarah Palembang
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *