Jenis pempek Palembang yang wajib dicoba

Jika kalian tinggal di Indonesia sudah pasti tau dong tentunya kota mana yang terkenal dengan empek-empek nya ? yups bener sekali ini Palembang adalah kota yang ngetop banget dengan pempek nya , ada banyak sekali jenis pempek dan varian rasa untuk makanan khas kota Palembang ini . penasaran kan ini dia jenis pempek Palembang yang wajib anda coba !

 

  1. Pempek kapal selam

Resep Cara Memasak Pempek Kapal Selam

Mendengar dari namanya saja sudah berarti bahwa pempek ini tidak berukuran kecil , pempek kapal selam ini sudah terkenal dari masa ke masa karena rasanya yang enak yang berasal dari daging ikan giling dan tepung kanji serta namanya yang unik membuat para pecinta kuliner tertarik untuk makan pempek ini selain itu di dalam atau isi dari pempek kapal selam ini berisi satu butir telur  ayam sehingga membuat desain pempek kapal selam ini benar-benar menyerupai kapal selam . hihi

 

  1. Pempek lenjer

R06-Lenjer-15cm-Rebus

Pempek lenjer oi pempek lenjer mertuo lewat masih ditelen itulah bait lagu khas dari Palembang mungkin liriknya kurang dimengerti bagi orang yang bukan berasal dari Palembang , sebenarnya lirik tersebut mengandung arti sangking enaknya rasa pempek lenjer ini sampai-sampai mertua kita pun tak kita hiraukan karena terlena dengan kelezatan pempek lenjer ini . pempek ini berbentuk panjang dan biasanya kalau disajikan itu dipotong-potong menjadi sepuluh bagian dan sama seperti pempek lainnya dapat disantap dengan cuka pempek yang membuat rasanya semakin mantap .

 

  1. Pempek sang kerupuk

pempek-keriting

Jika dilihat sekilas pempek kerupuk ini benar-benar mirip dengan kerupuk , karena bentuknya mirip sekali dengan kerupuk maka dinamakan pempek kerupuk meskipun kadang-kadang ada orang Palembang menyebutnya dengan pempek keriting hehe . pempek ini dapat disantap dengan digoreng ataupun direbus saja dan semakin nikmat apabila disantap dengan teman-teman .

 

  1. Pempek panggang

IMG_5125

Nah sesuai dengan namanya sudah pasti pempek ini bukan digoreng ataupun direbus kan . dinamakan dengan pempek panggang karena proses pembuatannya memang dipanggang jadi bukan hanya ikan loh yang di panggang hehe nah pempek panggang ini ditengahnya dibelah dua namun tidak sampai terpotong habis , ditengahnya diisi dengan udang ragu yang membuat rasanya semakin berbeda dengan makanan yang lain .

 

  1. Pempek lenggang

pempek-lenggang

Sebenarnya pempek lenggang ini terdiri dari lenggang panggang dan lenggang goreng . perbedaan pempek lenggang ini dengan pempek yang lain adalah setelah menjadi pempek laju dipotong kecil-kecil barulah dicampurkan dengan telur yang sudah dikocong tinggal kita yang memilih mau digoreng atau di panggang ? tapi kalau saya sih lebih suka lenggang panggang karena biasanya mereka memanggangnya dengan dibungkus daun pisang yang membuat rasa pempek lenggang semakin lezat bila disantap bersama cuko .

 

  1. Pempek adaan

435226_67b887f7-183a-40d6-b877-7f062765419e

Pempek adaan ini sedikit berbeda dengan pempek yang lain karena pempek ini tidak direbus dahulu melainkan langsung digoreng tapi jangan khawatir kok dengan rasa , rasanya pun masih sama enaknya walaupun kadang bentuk pempek adaan ini sedikit tak beraturan tetapi rasanya pun sempurna .

 

  1. Pempek kulit

images

Waw apa yang ada dibenak anda mendengar kata kulit mungkinkah kulit buaya ? eittss jangan salah kulit yang dimaksud disini adalah kulit ikan yang diolah menjadi pempek sehingga warna dari pempek kulit ini agak sedikit hitam proses pempuatannya sama seperti pempek adaan yaitu langsung digoreng dahulu dan semakin menggiurkan bila disantap dengan saus atau cuko .

 

  1. Pempek pistel

pempek-pistel

Pempek pistel ini ada kemiripan dengan pempek kapal selam yaitu sama-sama mempunyai isi bedanya isi pempek pistel ini adalah papaya yang hampir matang diparut dan direbus , ukuran pempek pistel ini juga berbeda karena pempek ini berukuran kecil biasanya pempek pistel ini sih bukan adonan dari daging ikan giling melainkan adonan dari gandum ini sih buat anda yang tak suka daging ikan tapi masih bisa mencicipi pempek dengan rasa yang sama enaknya .

 

  1. Pempek crispy

7

Mendengar kata crispy itu sering kali untuk sebutan ayam crispy atau apalah itu nah bagaimana dengan pempek crispy ? namanya aja udah crispy udah pasti kalau dimakan menghasilkan suara kriuk –kriuk kan ? ya benar sekali pempek ini adalah inovasi dari pempek lenjer , pempek ini berukuran panjang seperti pempek lenjer dan bila dimakan sangat guih seperti gurihnya ayam kfc , pempek ini banyak dinikmati karena rasanya yang lezat dan dapat disantap seperti cemilan .

 

 

Jenis pempek Palembang yang wajib dicoba
5 (100%) 1 vote

users rated 5 / 5 based on 17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.