Kue Gandus, Kuliner Khas Kota Palembang

Kue Gandus adalah salah satu kue khas yang hanya ditemukan di Kota Palembang, mungkin disekitar kota Palembang (Lampung atau Jambi) makanan ini dapat kita temukan. Tapi dikota-kota lain, apalagi diluar Sumatera tentunya makanan ini sulit ditemukan. Kue Gandus terbuat dari bahan dasar tepung, sedangkan santan kelapa dan daun pandan untuk pewangi adalah bahan tambahannya.

Sajian Kue Gandus Palembang

Banyak yang mengatakan kalau Kue Gandus ini sangat cocok disajikan sebagai makanan pembuka (appetizer), dikarenakan kue ini hanyalah sajian makanan ringan saja. Kue Gandus ini memiliki cita rasa yang cukup sesuai dengan lidah kita, karena rasa Kue Gandus ini gurih. Kue yang identik dengan taburan ebi, irisan kecil-kecil cabai merah, potongan daun seledri, serta taburan halus bawang goreng membuat kita semakin tertarik untuk menikmatinya. Untuk taburan diatas Kue Gandus sebenarnya tergantung selera orang masing-masing, tapi yang pasti tidak ketinggalan adalah irisan cabai merahnya.

Kue Gandus memang hanya sebuah makanan ringan, tapi tetap saja sekecil apapun makanan tersebut adalah mahakarya terbesar yang telah diwariskan oleh para nenek moyang kita. Sudah selayaknya kita bersyukur karena kita bisa menikmati aneka ragam kuliner yang ada di Indonesia, dan salah satunya adalah Kue Gandus dari Kota Palembang

Resep Kue Gandus

Bahan :

200 gr tepung beras

700 cc santan kental

1/2 sdt garam

1 lembar daun pandan

Taburan :

Ebi, rendam, tiriskan, haluskan

Seledri iris halus

Bawang goreng

Cara Membuat Kue Gandus :

  • Rebus santan dengan garam dan daun pandan lalu dinginkan. Buang daun pandannya.
  • Tuang santan ke dalam tepung beras sedikit demi sedikit hingga terbentuk larutan yang licin.
  • Tuang larutan ke dalam loyang 22×22 yang telah diolesi minyak goreng tipis-tipis
  • Kukus hingga matang.
  • Beri bahan taburan dan kukus lagi sebentar saja agar taburan menempel.
  • Angkat dan potong-potong bentuk belah ketupat.
  • Lebih sedap dihidangkan hangat.

Catatan:

Jumlah tepung beras dan santannya tergantung jenis tepung berasnya. Seperti juga beras, jumlah air untuk menanaknya berbeda-beda antara satu jenis beras dengan lainnya. Sebaiknya dicoba dulu mengukusnya dalam porsi kecil. Kalau kurang keras bisa ditambahkan tepung sedikit demi sedikit. Bila terlalu keras, bisa ditambahkan santan.

Related Posts with Thumbnails

Kue Gandus, Kuliner Khas Kota Palembang
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *