Legenda Bukit Siguntang Palembang

Mengungkap Kebesaran Kerajaan Sriwijaya – DATARAN tertinggi di kota Palembang adalah Bukit Si­guntang. Ketinggian bulcit yang terletak di kecamatan 1B 11 itu sekitar 27 meter diatas pennukaan laut (mdpl). Di bukit itu pula banyak meng­hadirkan cerita baik sejarah maupun legenda.

Bukit_Seguntang

Zaman kerajaan Sriwijaya, keberadaan bukit tersebut sangat penting arti­nya. Hingga seka­rangpun, bukit itu memiliki peranan penting dalam mengungkap tabir kebesaran Sriwijaya.

Di sisi lain, legenda juga hadir menyertai keme­gahan bukit Siguntang. Tujuh makam yang ada hingga saat ini juga dipercaya sebagai ma­kam pembesar tokoh cerita masyarakat Palembang.

Putri Rambut Selako, Putri Kembang Dadar, Panglima Bagus Kuning adalah be­berapa nama yang mengisi tujuh makam di tempat itu. Makam-makam itu pula ke­rap dikunjungi dan dianhgap keramat.

Kata Kepala Balai Arkeolog Palembang, Nurhadi Rangku­li, pada masa kerajaan Sriwi­jaya, Siguntang menjadi pusat peribadatan dan aktivitas ke­agamaan umat Budha.

Hal iht dibuktikan dengan adanya penemuan arca yang berukuran besar. Selain itu juga dibuktikan dengan penemuan struktur batu yang ada di tempat ter­sebut.

Beberapa kali, Balar  Palembang juga terus melaku­kan ekskavasi. Mereka masih menggali dan berusaha mene­mukan temuan-temuan terkait hal itu. “Struktur batu yang ada, itu berasal dari zaman masa Sriwijaya, artinya mulai abad 7 hingga 13,” kalanya.

Namun demilcian, dirinya mengaku belum menemukan titik temu tentang adanya makam-makam saat ini an­tara masa Sriwijaya dengan tokoh-tokoh tosebut. Namun demikian ia tidak memper­masalahkan hal itu.

Bukit Seguntang Tombs

Sampai saat ini belum tau titik temunya dimana. f-o­kus kami ke bukti sejarahnya pada masa Sriwijaya. Apakah di sana ada pemakaman yang dikeramatkan, kami belum sampai ke sana karena acuan­nya apa, itu yang belum kami tahu,” ujarnya. Makomnya Saja Sulaiman, juru kunci bukit Siguntang juga berpendapat, keberadaan makam adalah sebuah cerita dan lebih ke le­genda saja. Namun diyakini juga olehnya hal tersebut me­mang demikian ada.

Menurut cerita turun temurun, memang di sinilah di­malcamkan tokoh-tokoh yang dimaksud seperti Panglima Bagus Kuning, Putri Rambut Selako dan yang lainnya. Ha­nya saja, untuk Sigentar Alam dia cuma Makom nya saja, jadi bukan jasadnya,” kata dia.

Dia mempercayai apabila cerita tokoh-tokoh tersebut dimakamkan di tempat itu lantaran Bukit Siguntang yang tinggi. “Bisa saja karena pada wak­tu dulu dataran yang tinggi itu kan Siguntang ini,” ujarnya KetuHuh makam itu adalah makam Raja Si Gentar Alam, makam Panglima Bagus Kuning makam Panglima Ba­gus Karang, makam Putri Rarn­but Selako, makam Putri Kem­bang Dadar, makarn Panglima liatu Api, dan makam Tuan junjungan. (andi agus I)

Legenda Bukit Siguntang Palembang
4.6 (91.43%) 7 votes


legenda bukit siguntang, bukit siguntang, asal usul bukit siguntang, raja segentar alam, raja si gentar alam, sejarah bukit siguntang, sejarah raja si gentar alam, si gentar alam, cerita bukit siguntang, asal usul raja si gentar alam,
users rated 5 / 5 based on 30

One thought on “Legenda Bukit Siguntang Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *