Mau hemat listrik sekaligus hemat bayarnya? Baca & praktekkan tips dibawah ini:…

Mau hemat listrik sekaligus hemat bayarnya?
Baca & praktekkan tips dibawah ini:

1. Penghematan bisa dimulai dari pengatur suhu ruangan alias air conditioner (AC), karena sekitar 50% kebutuhan listrik di rumah biasanya berasal dari AC.

“Kalau mau hemat jangan begitu menyala langsung diturunkan suhunya, stabil saja di 24 atau 25 derajat celcius”

Setiap suhu udara diturunkan itu ada tambahan penggunaan listrik sebanyak 6%. Jadi misalnya diturunkan dari 24 ke 18 sekaligus, maka ada tambahan penggunaan 36% daya listrik.

“Jadi sebaiknya satu jam dibiarkan menyala dulu sebelum ruangannya dipakai,”

2. Peralatan elektronik yang dalam posisi standby, misalnya televisi atau perangkat audio, itu masih memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.

“Waktu standby peralatan masih menyedot listrik, sekitar 80% dari daya listrik normalnya. Sebaiknya dicabut colokannya kalau sudah tidak digunakan,”

Jika repot cabut-mencabut colokan, bisa memakai terminal listrik yang ada tombol on/off-nya. Sehingga ketika selesai menonton televisi tinggal ditekan saja.

3. Colokan lain yang masih memakan listrik ketika tidak dicabut adalah perangkat pengisi daya telepon selular (ponsel) alias charger. Sampai saat ini masih banyak orang yang membiarkan colokan charger terpasang setelah selesai mengisi daya.

“Charger itu kan isinya kumparan, jadi selama terpasang akan terus memutar listrik di situ. Tanpa HP-nya itu sekitar 30% dari normal daya listriknya. Jadi kalau misalnya colokan 5 ampere, jadi begitu selesai dan tidak dicabut masih ada sekitar 2 ampere yang terus dipakai,”

Anda mungkin bisa mulai mempraktikkan tips-tips sederhana ini di rumah. Coba rasakan penghematannya dalam beberapa hari kedepan. Peh kito cuboke dulurs…

#payo jangan nak dipake dewek, share ke jugo dengan dulur kito yang lain.. Mokase yo
Sumber: detik.com

Mau hemat listrik sekaligus hemat bayarnya? Baca & praktekkan tips dibawah ini:…
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *