Mengenal Alat-Alat Musik Khas Palembang

Mengenal Alat-Alat Musik Khas Palembang – Di kota yang terkenal akan makanan khas pempek ini ternyata ada banyak alat musik tradisional yang mungkin masih belum diketahui oleh orang-orang diluar Sumatera Selatan atau bahkan di dalam daerah Sumatera Selatan itu sendiri .

Nah disini kita akan membahas apa saja alat-alat musik tradisional yang bisa kita jumpai di kota yang memiliki jembatan ampera ini agar teman-teman semua dapat mengenal berbagai macam ragamnya :

1. Burdah / Gendang Oku

gendang melayu jambi
Alat musik burdah atau lebih dikenal dengan gendang Oku ini berasal dari daerah sumatera selatan tepatnya di palembang . Gendang Oku ini terbuat dari kayu dan kulit binatang bedanya gendang oku dengan rebana adalah burdah lebih besar . Burdah atau gendang oku ini sering dimainkan ketika ada acara islami , acara keagamaan atau juga pada perlombaan pancak silat .

2. Tenun

musiktenun
Alat musik tenun ini mungkin masih jarang terdengar oleh masyarakat banyak karena pada biasanya bila mendengar kata tenun yang terfikirkan oleh kebanyakan orang adalah berhubungan dengan kain seperti kain tenun , namun apa jadinya bila tenun ini adalah alat musik.

Memang masih berhubungan dengan tenun – menenun alat musik ini dinamakan tenun karena biasanya dimainkan ketika orang-orang sedang menenun untuk menghibur dan menghilangkan kejenuhan , alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul . Tenun ini terbuat dari kayu sehingga menimbulkan bunyi dan nada-nada tertentu.

3. Gambus

gambus
alat musik gambus ini cukup terkenal di sumatera selatan karena memang pada setiap acara-acara alat musik ini sering digunakan. Gambus terbuat dari kayu memiliki enam dawai yang dimainkan dengan cara dipetik dengan jenis lut .

4. Kenong Basemah

Kenung Besemah
Alat musik ini dapat kita jumpai di suku basemah pagaralam . Terbuat dari tembaga , akan lebih indah dimainkan dengan gamelan karena memang kenong basemah ini dimainkan untuk melengkapi gamelan.

5. Terbangan

rebana
Terbangan atau lebih dikenal dengan rebana sering kali dijumpai di daerah palembang apalagi rebana sering kali dimainkan pada acara-acara khitanan , syukuran , pernikahan atau bahkan acara – acara keagamaan lainnya .

Terbangan terdiri dari empat rebana , kadang-kadang terbangan bersama dengan serunai (oboe seperti buluh ganda atau serdam) dan biola.

6. Genggong

images
Alat musik jenis ini itiup seperti harmonika ,dimainkan dengan cara
dengan cara dipegang ditangan kiri dan bagian sisinya ditempelkan ke bibir. Selanjutnya dengan mainkan lidah getar yang ada pada genggong dengan tangan kanan maka genggong akan menghasilkan bunyi . alat musik in terbuat dari bilah bamdu , kayu pelepah enau atau logam .

7. Kolintang

Kolintang
Alat musik kolintang dapat kita jumpai di komering , masyarakat komering sering kali menggunakan alat musik yang terbuat dari logam dan terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar .

Nah sudah taukah kalian alat musik apasaja yang berasal dari sumatera selatan ?

Mengenal Alat-Alat Musik Khas Palembang
3.7 (73.33%) 3 votes


alat musik palembang, alat musik tradisional palembang, alat musik sumatra selatan, alat musik tradisional sumatera selatan, alat musik khas palembang, alat musik dari palembang, alat musik sumsel, alat musik sumatera selatan, Alat musik daerah palembang, alat musik dari sumatera selatan,
users rated 5 / 5 based on 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *