Nikmatnya Musim Durian Di Kota Palembang

durian-3

Nikmatnya Musim Durian Di Kota Palembang – Siapa sih yang tak kenal buah durian? Nah, biasanya orang Palembang menyebutnya dengan duren . Buah yang satu ini termasuk dengan buah musiman, sama halnya dengan buah rambutan , buah duku , buah manga dan lain – lain . Nah karena duren ini merupakan buah musiman artinya kita hanya dapat menjumpai dan merasakan nikmatnya makan buah durian pada bulan – bulan tertentu saja.

Pada saat musim duren ada banyak sekali penjual duren di kota Palembang dan kita bisa menjumpainya hampir disetiap tempat , untuk kisaran harga duren pun bermacam-macam tergantung dari besar – kecilnya duren tersebut mulai dari 10ribu rupiah hingga 25ibu rupiah .

dsc00983

Durian atau disebut dengan raja buah ini banyak yang mengatakan durian asal Palembang lebih manis dan kulitnya lebih tebal dibandingkan dengan durian asal daerah lain , nah jadi bagi kalian pecinta durian segera bergegaslah ke kota Palembang untuk berpesta durian , karena pada bulan desember – awal febuari nanti Palembang akan dibanjiri dengan raja buah ini .

Sebenarnya bagi orang – orang Palembang buah durian bukan hanya bisa kita makan langsung, melainkan biji dari buah duren ini sering dijadikan oleh orang Palembang menjadi kolak duren dan rasanya loh guys super duper enak deh.

kolak-ketan-durian

Selain menjadi kolak duren si raja buah ini juga bisa dijadikan tempoyak , nah kalau yang satu ini kita bisa makannya menggunakan nasi , duren juga bisa dibuat menjadi dodol duren , jika kalian mencicipi rasa dari dodol ini kalian pasti sudah langsung menebak bahwa terbuat dari duren karena rasanya yang sangat khas selain itu dibuat menjadi salah satu makanan khas Palembang yaitu lempok .

Keistimewaan dari duren Palembang adalah dagingnya sangat empuk , manis dan tebal.  duren Palembang ini kebanyakan didatangkan dari kota pagaralam , linggau sumatera selatan . eitttss tapi udah tahu belum cara memilih duren yang dagingnya empuk dan tebal ? tipsnya adalah Kamu bisa memilih durian yang baik dengan mendengarkan bunyi dari durian tersebut, caranya dengan memukul durian dengan pisau. Mintalah penjual untuk melakukan hal ini untuk kamu.

Jika durian yang dipukul bunyinya seolah teredam, itu tanda kalau durian tersebut sudah matang dan siap makan. Sedangkan jika durian tersebut berbunyi nyaring, itu tanda jika ia belum matang dan belum siap dimakan.

Selamat pesta durian di kota Palembang.

Nikmatnya Musim Durian Di Kota Palembang
5 (100%) 2 votes

users rated 5 / 5 based on 08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *