Oleh-oleh Khas dari Palembang

Oleh-oleh Khas dari Palembang – Bagi yang berdomilisi diluar Palembang, tentunya ingin membawa beberapa oleh-oleh dari palembang untuk diberikan ke kerabat sekembalinya ke daerah asal. Palembanginfo.com akan memberikan ulasan mengenai beberapa oleh-oleh khas dari Palembang.

1. Kuliner
Kita mulai dari makanan & sejenisnya, meskipun ada begitu banyak kuliner dari Palembang, namun kami pilih berdasarkan jenis yang tahan lama untuk dibawa dari Palembang.

pempek Pempek – Tak lengkap kalau pulang dari Palembang tidak membawa panganan yang telah menjadi icon Palembang ini. Dan ada begitu banyak penjual yang menerima pesanan untuk packing pempek bahkan mereka bisa mengirimnya langsung ke alamat tuuan dengan menggunakan jasa kirim barang.

        tekwan-kering
 Tekwan Kering – Sekarang telah banyak terdapat tekwan yang dikeringkan beseerta bumbu untuk membuat kuahnya, sehingga kita bisa meraciknya sendiri. Tekwan ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari palembang.

597ee-makanan20khas20palembang
 Kemplang & Kerupuk – Salah satu makanan yang sudah umum dijadikan oleh-oleh dari Palembang, selain karena lebih awet serta dengan harga yang murah jumlah yang didapat lumayan banyak.
 Kue-Kue Khas Palembang – Ada begitu banyak jenis Kue dari palembang seperti Bolu 8 Jam, Maksuba, Engkak, Kojo, Kue Lapis dan lain-lain cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Hanya saja perlu extra packing serta perlu dibawa dengan hati-hati agar tidak hancur dalam perjalanan.

1366429256_503321673_1-Gambar--Lempok-Durian-Asli-Oleh-oleh-Khas-Palembang-Tanpa-Bahan-Pengawet
 Lempok Durian – Makanan yang mirip dodol ini terbuat dari durian ditambah gula sebagai pengawet alami. Awalnya pembuatan lempok ini untuk pemanfaatan melimpahnya durian. Namun akhirnya menjadi salah satu olahan khas palembang yang mampu bertahan lama hingga 5 bulan jikalau disimpan didalam kulkas.

ikan-salai-baung
 Ikan Salai – Salah satu produk ikan yang diawetkan dengan metode pengasapan. Ikan yang digunakan pun beragam, dimana ikan salai ini bisa diolah kembali menjadi kuliner lain seperti pindang ikan salai, ataupun digoreng.

kopi
 Kopi Bubuk Robusta Semendo – kopi khas buatan Palembang yang di ditanam di sekitar Gunung dempo. Kualitas kopi ini begitu tinggi dengan bau yang khas serta harum sehingga banyak yang menyukai produk ini. Kopi ini bisa dijadikan oleh-oleh selain mudah untuk dipacking dan tentunya awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

2. Tekstil

gambar songket
 Songket Palembang – Rasanya sudah jelas kalu ingin membawa hasil tektil yang paling khas adalah kain songket. Apalgi sekarang telah banyak hasil bentukan dari Songket itu sendiri. Ada yang dijadikan kemeja, Dress wanita, atau bahkan ada dijadikan Topi Peci hingga Kipas berbahan dasar songket.

Seberang Ulu I-20120304-00668
 Kaos Khas Palembang – Sejak banyaknya wisatawan yang datang ke Palembang. Mulai banyak bermunculan penjual yang membuat baju kaos khas Palembang, seperti Kaos Nyenyes, Kaos Musi Mania, ataupun Kaos-kaos bermotif songket palembang juga banyak dijual.

4
 Accesories & Cinderamata – Ada begitu banyak pilihan untuk oleh-oleh jenis ini, mulai dari Miniature Bangunan yang di Palembang seperti Miniature Jembatan Ampera, Rumah Limas, atau Gantungan kunci, Dompet, hingga tas yang bermotif kan ciri khas Palembang, bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ledaerah masing-masing.

7065361_4_644x461_kasur-lihab-palembang-rumah-tangga
 Kasur Lihab – Kasur yang pertama kali diperkenalkan oleh pengrajin Palembang ini sangat efiektif serta efisien untuk digunakan dalam segala kondisi, baik untuk tidur, untuk duduk santai, bahkan ada yang dijadikan untuk alas sajadah dalam sholat.

 

Oleh-oleh Khas dari Palembang
5 (100%) 1 vote


cinderamata khas palembang,
users rated 5 / 5 based on 15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *