palembang kota tertua di dunia

palembang kota tertua di dunia

palembang kota tertua di dunia
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 26

Palembang Kota Tertua di Dunia

PRESTASI Indonesia terus diraih di Internasional, kali ini giliran Palembang diakui dunia sebagai kota tertua sekaligus terbesar kedua di dunia.

Setiap kota di belahan dunia memiliki keunikan dan sejarah yang berbeda. Bahkan beberapa di antaranya merupakan kota-kota dengan usia yang cukup tua.

Dari beberapa kota tua tersebut, Palembang merupakan salah satunya. Kota ini menjadi daerah dengan keragaman budaya yang datang dari berbagai bangsa.

palembang kota tertua di dunia

Palembang, Indonesia (682 M)

Kota Palembang berdiri pada 16 Juni 682 M. Palembang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan dan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Palembang dikenal sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya pada zaman dahulu. Hingga kini, kota yang memiliki ikon Jembatan Ampera ini dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia. Dahulu, Palembang dikenal sebagai pintu gerbang penyebaran Islam di kepulauan berpenduduk Melayu.

Kota yang dijuluki ‘Venesia dari Timur’ ini dulunya adalah pusat dari Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara. Menurut tulisan di prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, kota Palembang didirikan pada 16 Juni 682 M. Prasasti tersebut memastikan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.

Palembang juga dikenal sebagai tempat berlabuh para pelaut dari Jepang, India, China, Arab dan beberapa daerah di sekira kepulauan Melayu. Oleh karenanya, hingga saat ini Palembang dikenal sebagai kota yang multikultural. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa bangunan bergaya China, salah satunya adalah masjid.

Palembang Kota Tertua di Dunia
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *