Pasokan Gas ke Pembangkit Sudah Aman, Listrik Sumsel Bisa Pulih Malam Ini Jakar…

Pasokan Gas ke Pembangkit Sudah Aman, Listrik Sumsel Bisa Pulih Malam Ini

Jakarta – Beberapa hari terakhir, masyarakat di Sumatera Selatan mengalami pemadaman listrik. Penyebabnya adalah kekurangan pasokan gas untuk ke pembangkit listrik Borang.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berindak cepat. Mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) tersebut meminta seluruh pihak yang terkait untuk segera mengalirkan gas ke Borang.

“Kawan-kawan SKK Migas dan KKS-nya Pertamina EP dan MEPI sedang mengusahakan novasi gas Pertamina EP dengan mengalirkan gas melalui infrastruktur MEPI,” kata Edy Hermantoro, Dirjen Migas ESDM, kepada detikFinance, Minggu (2/11/2014).

Masalah prosedur formal, lanjut Edy, akan segera disiapkan. “Formal admin akan segera disiapkan dan diselesaikan,” ujarnya.

Plt Kepala SKK Migas Johannes Widjonarko menambahkan, saat ini gas untuk Borang sedang dialirkan. Kebutuhan untuk pembangkit ini sendiri adalah sekitar 25 MMscfd.

Menurut Widjonarko, kemungkinan bisa saja malam ini proses itu selesai. “Jadi bisa saja malam ini masyarakat menikmati listrik listrik lagi. Tapi yang menyalakan bukan SKK Migas, melainkan PLN,” katanya.

Nur Pamudji, Direktur Utama PT PLN (Persero), mengatakan proses sedang berjalan. Dia menyebutkan tidak lama lagi listrik kembali bisa dialirkan ke masyarakat.

“Sebentar lagi selesai, pasokan gas sudah dialokasikan ke pembangkit. Kalau sudah dialirkan, tinggal tunggu turbin menyala saja,” tuturnya.

Hal ini, lanjut Nur, tidak lepas dari peran Menteri ESDM Sudirmam Said. Beberapa jam lalu, Sudirman sudah menghubungi seluruh pihak yang terkait untuk menyelesaikan masalah pasokan gas ke Borang.

“Kami sudah atur bareng dengan Pak Menteri. Beliau orangnya cepat sekali. Hanya telepon-telepon, beres semua,” sebut Nur. (Sumber detikcom)
Alhamdulillah. Kito doake bae dulurs, aamiin.

Pasokan Gas ke Pembangkit Sudah Aman, Listrik Sumsel Bisa Pulih Malam Ini Jakar…
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *