Pemprov Sumsel berencana melepas aset ke swasta

Pe­merintah Provinsi (Pemprov) Sumsel berencana melepas belasan aset yang saat ini di- gunakan sebagai Icantor dinas atau badan. Menunit Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Sumsel, Eddy Hermanto, lahan dan gedung tersebut nantinya tidak akan digunakan pemerintah, na­mun bisa dimanfaatkan pihak swasta.

“Pemprov Sumsel beren­cana memanfaatkan lahan milik Sumsel yang tak diman­faatkan secara maksimal, dengan menyewakannya ke swasta,” ujarnya, Rabu (25/3). la mengatakan, lahan dan aset tersebut bisa diali­hfungsingkan oleh swasta. Seperti hotel, rumah sakit, perkantoran atau pusat per• belanjaan. Seperti Balai Lati­han Kerja .1() di Kenten yang akan dibangun rumah sakit berkapasitas 1000 ka­mar. Menurut Eddy, lahan di sana seluas 14,4 hektar dan sudah ada swasta yang berminat.

Contoh lain kantor BP- 3MDSumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang, tepatnya di samping flyover. Pemprov Sumsel menawar­kan swasta membangun rumah sakit atau gedung tinggi untuk perkantoran. Tak hanya itu, kantor Dinas Perkebunan, Dinas Koperasi, kantor Badan Ketahanan Pangan, eks Emaldi Bahar dan lainnya juga akan dialih­fungsikan.

“Semua milik Pemprov yang penggunaanya tak maksimal akan dimanfaat­kan lagi,” ucapnya. Metode yang ditawarkan adalah Built Operate and lkansfer (BO1), atau Bangun Serah dan Guna berjangka sekitar 30 tahun.

Pelepasan kantor dinas

atau badan di Pemprov Sum­sel itu sejalan dengan rencana renovasi kantor gubemur di Jalan Kapten A Rivai Palem­bang. Pemprov mendirikan dua buah gedung tower 20 lantai agar menampung se­luruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Eddy menga­ku pihaknya baru cari inves­tor bila DED-nya selesai d ikerjakan. “Renca nanya bukan hanya dinasataubadan saja, tapi bank atau badan usaha negara lainnya bisa bergabung jadi satu. Kalau sudah begitu, kerja bisa lebih malcsimal lagi,” teraiSeljee taris Daerah (Sekda)un Mukti Sulaiman. (mg5)

Pemprov Sumsel berencana melepas aset ke swasta
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 27

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *