Pindang Makanan Khas Palembang

Pindang Makanan Khas Palembang – Kuliner satu ini merupakan salah satu masakan khas dari kota Palembang yang memiliki kemiripan dengan kuliner dari negara Thailand yang bernama sup tom yam. Pindang memang telah menjadi hidangan yang disukai tidak hanya bagi masyarakat lokal, namun juga bagi wisatawan yang datang ke Palembang. Pindang sendiri ada banyak macam jenis rasa maupun bahan dasarnya. Umumnya pindang berbahan dasar ikan, tetapi pindang juga bisa menggunakan daging ayam, sapi, kambing, udang, ataupun hewan lain sesuai sekera. Kali ini palembanginfo.com ingin mengulas beberapa jenis pindang yang ada di kota Palembang.

1. Pindang Palembang

resep_pindang_patin_03

Pada dasarnya pindang umum yang beredar di Palembang menggunakan cabe merah, cabe rawit, terasi bakar, tomat, bawang merah dan putih yang semuanya dihaluskan untuk dijadikan sebagai bumbu utamanya. Bumbu ini direbus lalu ditambah daun kunyit, daun salam, lengkuas, daun kemangi, nanas, daun bawang, air asam jawa, dan serai serta gula dan garam sesuai selera untuk menambah rasanya. Sehingga pindang ini menghasilkan rasa asam pedas mirip masakan dari riau. Untuk bahan utamanya sendiri sesuai selera bisa menggunakan daging apa saja, namun di kota Palembang terkenal dengan penggunaan ikan patin sebagai bahan utamanya.

2. Pindang Meranjat

Pindang meranjat

Pindang Meranjat sesuai namanya berasal dari kampung meranjat yang terletak sebelah utara dari kota Palembang. Pindang ini memiliki ciri khas rasa terasi atau kalau di Palembang lebih dikenal dengan Calok yang begitu terasa. Selain itu kuahnya yang berwarna kecoklatan tidak seperti Pindang Palembang yang lebih jernih kekuning-kuningan. Untuk pindang meranjat, bahan utama ikan yang digunakan biasanya ikan patin dan ikan baung namun sering juga para penjual menyediakan pindang yang berbahan iga sapi. Tak banyak yang berbeda bumbu yang digunakan hanya saja ada penambahan terasi didalam pindangnya.

3. Pindang Pegagan

pindang pegagan

Pegagan merupakan desa yang terletak disebelah timur dari kota Palembang. Memiliki cita rasa pindang yang hapir mirip dengan pindang Meranjat, hanya saja rasa terasi / caloknya lebih lunak serta intensitas dari bumbunya lebih sopan jika dibandingkan dengan pindang Meranjat.

4. Pindang Musi Rawas

pindang2 musi rawas

Pindang musi rawas yang berasal dari desa yang juga berada disebelah timur kota Palembang ini malah lebih mirip cita rasanya dengan pindang palembang dripada pindang pegagan. Hal ini dikarenakan pada Pindang Musi Rawas, sumber rasa asamnya didapat dari rasa tomat ceri atau di Palembang lebih dikenal dengan cung kediro, serta daun kemangi yang lebih banyak. Menjadikan pindang Musi Rawas ini memiliki rasa asam yang sekilas mirip kuah asam dari sulawesi utara.

5. Pindang Tempoyak

pindang tempoyak

Sebagaimana yang telah banyak diketahui, tempoyak sebagai salah satu kuliner khas Palembang telah banyak mengalami modifikasi menjadi masakan baru, salah satunya Pindang Tempoyak. Sedikit berbeda dibandingkan pindang pada umumnya yang memiliki kuah hasil rebusan bumbu sehingga kuantitas airnya masih dominan. Pada pindang tempoyak bumbunya ditumis, menjadikan hasil kuahnya lebih kental layaknya tempoyak itu sendiri.

Rate this post


Pindang ayam palembang, resep pindang ayam palembang, pindang ayam khas palembang, resep pindang ayam khas palembang, resep pindang ayam meranjat, resep pindang pegagan, bumbu pindang ayam kampung musi waras, ikan pindang bandeng, pindang ayamkampung khas palembang, resep pindang ayam kampung khas palembang,
users rated 5 / 5 based on 03

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *