Rumah Rakit Palembang

Ada satu point lagi yang harus anda ketahui bila ingin berkunjung ke Palembang . Jika padang terkenal dengan rumah adat khas gadang namun Palembang selain memiliki rumah limas  sebagai rumah adat  khasnya , dan juga rumah rakit .

552c7b726ea83417408b4569

Rumah rakit tentunya terletak di pinggiran sungai di kota Palembang khususnya sungai musi yang merupakan salah satu bangunan cirri khas masyarakat Palembang . Rumah rakit ini dikatakan rakit karena terapung diatas sungai dan posisinya tetap atau tidak berubah-ubah .  biasanya rumah rakit ini terbuat dari kayu dan bambu yang dibuat seperti rangkaian balok – balok dan ada yang menghadap ke sungai dan satunya lagi menghadap ke daratan .

Pastinya kita mengkhawatirkan jika kita tinggal disini kan mungkin kita takut akan terbawa oleh arus air sungai atau banjir ketika air sungai pasang  namun kita tidak perlu khawatir karena rumah rakit ini dirancang bukan hanya sekedar untuk hunian darurat atau sementara melainkan rumah rakit bisa ditempati selama puluhan tahun , oleh karena itu rumah rakit ini merupakan warisan dari nenek moyang warga Palembang yang nantinya akan diberikan ke generasi – generasi selanjutnya .

rumah-terapung-palembang

Jika anda mengunjungi kota Palembang dan berjalan – jalan naik perahu getek mengelilingi sungai musi maka anda para traveller dapat melihat rumah rakit yang fungsinya tidak hanya sebagai tempat tinggal melainkan dapat dijadikan gudang , dan untuk kegiatan ekonomi . Namun walaupun sekarang tak begitu banyak lagi dijumpai rumah rakit disekitaran sungai musi karena kurangnya menjaga dan merawat rumah ini sehingga hanya sedikit sisa – sisa rumah rakit yang dapat kita lihat . Namun tak perlu khawatir rumah rakit pun masih dapat kita lihat di kota Palembang .

Yang menjadi cirri khas rumah rakit Palembang adalah di sekitaran dinding – dinding rumah ini terdapat ukiran – ukiran khas Palembang , dengan warna merah hati dan emas yang mencolok sehingga membuat desain rumah ini semakin menawan .

Penasaran kan bagaimana keadaan aslinya rumah rakit Palembang ini , jika anda ingin berkunjung kesini dan melihat – lihat disekitaran rumah anda hanya mengeluarkan kurang lebih tiga puluh ribu untuk naik perahu getek nya dan anda bisa jalan-jalan di sekitaran sungai musi .

Rumah Rakit Palembang
5 (100%) 1 vote


rumah rakit palembang, https://infopalembang id/rumah-rakit-palembang-2/, pertanyaan seputar rumah tradisional rumah rakit palembang, tempat rumah rakit dipalembang,
users rated 5 / 5 based on 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *