TEMPAT – TEMPAT WISATA DI KOTA PALEMBANG



    Berikut ini beberapa Objek Wisata di Kota Palembang:


  • Sungai Musi, sungai sepanjang sekitar 750km yang membelah Kota Palembang menjadidua bagian yaitu Seberang Ulu dan seberang Ilir ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sejak dahulu Sungai Musi telah menjadi urat nadi perekonomian di Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan. Di sepanjang tepian sungai ini banyak terdapat objek wisata seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pulau Kemaro, Pasar 16 Ilir, rumah Rakit, kilang minyak Pertamina, pabrik pupuk PUSRI, pantai Bagus Kuning, Jembatan Musi II, Masjid Al Munawar, dll.


      • Jembatan Ampera, sebuah jembatan megah sepanjang 1.177 meter yang melintas diatas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini merupakan ikon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan dibangun dengan menggunakan harta rampasan Jepang serta tenaga ahli dari Jepang.


      • Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, terletak di pusat KotaPalembang, masjid ini merupakan masjid terbesar di Sumatera Selatan dengan kapasitas 15.000 jemaah.


        • Benteng Kuto Besak, terletak di tepian Sungai Musi dan berdekatan dengan Jembatan Ampera, Benteng ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Di bagian dalam benteng terdapat kantor kesehatan Kodam II Sriwijaya dan rumah sakit. Benteng ini merupakan satu-satunya benteng di Indonesia yang berdinding batu dan memenuhi syarat perbentengan / pertahanan yang dibangun atas biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari serangan musuh bangsa Eropa dan tidak diberi nama pahlawan Eropa.


          • Gedung Kantor Walikota, terletak di pusat kota, pada awalnya bangunan ini berfungsi sebagai menara air karena berfungsi untuk mengalirkan air keseluruh kota sehingga juga dikenal juga sebagai Kantor Ledeng. Saat ini gedung ini berfungsi sebagai Kantor Walikota Palembang dan terdapat lampu sorot di puncak gedung yang mempercantik wajah kota di malam hari.


            • Kambang Iwak Family Park, sebuah danau wisata yang terletak di tengah kota, dekat dengan tempat tinggal wali kota Palembang. Di tepian danau ini terdapat banyak arena rekreasi keluarga dan ramai dikunjungi pada hari libur. Selain itu di tengah danau ini terdapat air mancur yang tampak cantik di waktu malam.


              • Hutan Wisata Punti Kayu, sebuah hutan wisata kota yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota dengan luas 50 ha dan sejak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Didalam hutan ini terdapat area rekreasi keluarga dan menjadi tempat hunian sekelompok monyet lokal.


                • Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, sebuah site peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang terletak di tepian Sungai Musi. Terdapat sebuah prasasti batu peninggalan Kerajaan di area ini.


                  • Taman Purbakala Bukit Siguntang, terletak di perbukitan sebelah barat Kota Palembang. Di tempat ini terdapat banyak peninggalan dan makam-makam kuno Kerajaan Sriwijaya.


                    • Monumen Perjuangan Rakyat, terletak di tengah kota, berdekatan dengan Masjid Agung dan Jembatan Ampera. Sesuai dengan namanya di dalam bangunan ini terdapat benda-benda peninggalan sejarah pada masa penjajahan.


                      • Museum Negeri Balaputradewa, sebuah museum yang menyimpan banyak benda – benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya.


                        • Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, terletak di dekat Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak dan dulunya merupakan salah satu peninggalan Keraton Palembang Darussalam. Didalamnya terdapat banyak benda – benda bersejarah Kota Palembang.


                          • Museum Tekstil, terletak di Jl. Merdeka museum ini menyimpan benda – benda tekstil dari seluruh kawasan di Provinsi Sumatera Selatan.


                            • Kawah Tengkurep, adalah sebuah komplek pemakaman yang menjadi salah satu tempat objek wisata. Mungkin anda bingung kenapa bisa seperti itu, jangan heran itu semua dikarenakan banyak sekali manfaat dan wawasan tentang ilmu sejarah yang bisa kita dapatkan. Kompleks Pemakaman Kawah Tengkurep ini sering di sebut sebagi kawasan Kompleks Makam Lemahbang, karena lokasi Pemakaman Kawah Tengkurep ini terletak di daerah Lemahbang, kota Palembang, tepatnya berada di Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan. Jika diukur melalui tepian Sungai Musi, kompleks Pemakaman Kawah Tengkurep ini berjarak sekitar 100 meter dari sungai musi.


                              • Masjid Cheng Ho Palembang, Masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jakabaring Palembang. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sespuh, penasehat, pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumsel. Mesjid yang dibangun dengan perpaduan unsur Cina, melayu, dan nusantara.


                                • Kampung Kapitan, sebuah kampung China yang ada di Palembang. Tidak hanya pemukiman warga Tionghoa saja, melainkan tempat ini memiliki sejarah dan budaya etnis Tionghoa sejak masa kolonial Belanda.


                                  • Kampung Arab Al Munawar 13 Ulu, merupakan salah satu hunian tertua warga etnik Arab di Palembang. Kampung ini dibangun sekitar 200 tahun lalu, oleh pedagang sekaligus pendakwah dan pengajar agama Islam bagi Sultan dan keluarganya. Sampai sekarang, misi dakwah masih mewarnai kehidupan di kampung ini, antara lain melalui madrasah dan kursus agama Islam.


                                    • Fantasy Island, Sebuah wahana permainan air seperti Play Pool, Sky, Tsunami River, Water Boom, Dragon Tower, Bun Slide dan Go Kart. Yang Letaknya di Jalan Indralaya, Palembang.


                                      • Bagus Kuning, terletak di Kecamatan Seberang Ulu II tepatnya di Kompleks Bagus Kuning Plaju yang merupakan Makam Ratu Bagus Kuning dan sampai saat ini masih dikeramatkan karena menurut legenda Ratu Bagus Kuning orang yang sakti dan sebagai penyambung risalah Rasulullah melalui para wali untuk menyebarkan agama Islam di daerah yang dikuasainya yaitu Kawasan Batanghari Sembilan pada abad ke XVI. 


                                        • Pusat Kerajinan Songket,  yakni tempat pengrajin songket yang juga memiliki keahlian untuk membuat songket secara turun temurun. terletak di kelurahan 30 ilir, kecamatan ilir barat II Palembang. 


                                          • Pulau Kemaro, merupakan sebuah Delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Di tempat ini terdapat sebuah vihara cina (klenteng Hok Tjing Rio), Kuil Buddah, Pagoda berlantai 9 dan terdapat Makam. Di sana juga sering diadakan acara Cap Go Meh setiap Tahun Baru Imlek.


                                            • Kilang Minyak Pertamina, merupakan salah satu kilang tertua di Indonesia. Terletak di Plaju dan Sungai gerong


                                              • Pabrik Pupuk Pusri, produsen pupuk urea di Indonesia pada tanggal 24 Desember 1959 di Palembang Sumatera, yang terletak di Jl. Mayor Zen, Palembang 30118 – INDONESIA


                                                • Sungai Gerong, Merupakan Objek wisata yang erletak di kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, provinsi Sumatera SelatanIndonesia.


                                                  • Jakabaring Sport City (JSC), Sebuah kompleks olahraga diatas lahan seluas 325 hektar yang terletak di wilayah Seberang Ulu sejauh 5 km dari pusat kota Palembang. kompleks olahraga ini dibangun pada tahun 2001 sebagai tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ke-16 kemudian pada tahun 2010 dikembangkan lagi dengan menambahkan berbagai venue guna mendukung pelaksanaan SEA GAMES ke-26 tahun 2011 di kota Palembang dan diresmikan penggunaannya pada 11 November 2011 oleh presiden SBY. Saat ini, JSC menjadi salah satu kompleks olahraga besar di Indonesia dimana didalamnya terdapat berbagai venue beberapa cabang olahraga. 


                                                    • Waterfun OPI Jakabaring,  Tempat rekreasi wahana air yang baru di buka pada awal tahun 2011 kemarin, luas lokasi OPI water fun kurang lebih 3 hektar, dan lokasinya terletak di kawasan Komplek OPI (Ogan Permata Indah) – jalan Gubernur H. A. Bastari – Jakabaring, Palembang. OPI water fun ini pun menjadi salah satu tempat rekreasi yang sangat di gemari oleh masyarakat kota Palembang sejak dari awal di buka. 


                                                      • The Amanzi Waterpark CitraGrand City, dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar, merupakan wahana wisata air terbesar di kota Palembang. Lokasinya berada di dalam perumahan Citra Grand City yang berlokasi, di daerah Talang Kelapa, Palembang.


                                                      Nah itulah beberapa Objek wisata yang terdapat di palembangSemoga bermanfaat…
                                                      Dikutip dari berbagai informasi

                                                        TEMPAT – TEMPAT WISATA DI KOTA PALEMBANG
                                                        Rate this post


                                                        kota palembang 2016,
                                                        users rated 5 / 5 based on 12

                                                        Leave a Reply

                                                        Your email address will not be published. Required fields are marked *