Transparansi Perhitungan Suara Melalui Teknologi Informasi

INFOPALEMBANG.ID, Pontianak – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Musi Banyuasin laksanakan Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pilkada 2017, diselenggarakan KPU, Bawaslu dan DKPP RI, di hotel harris pontianak, Selasa, (20/12).

Menurut H. Ahmad Firdaus Marvel’s (Ketua KPU Kab. Muba) di antara materi bimtek salah satu fokus yang menarik adalah Penggunaan Teknologi Informasi (TI) dalam Pemungutan suara, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara.

Firdaus juga menambahkan, setelah pemungutan suara pada tanggal 15 Februari 2017, sekitar pukul 13.00 Wib. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menyampaikan Form C1 dan lampiran C1 kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU Kab. Muba melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada hari itu juga. Selanjutnya form C1 dan lampiran nya di scan dan diupload ke SITUNG (Sistem Penghitungan Suara) pada hari itu juga. “Sehingga masyarakat atau siapa saja di Muba bahkan Dunia dapat melihat hasil penghitungan. Hingga diketahui siapa pemenang Pilkada Muba 2017 pada hari itu juga dan beberapa hari berikutnya,” ujar Firdaus.

Ketua KPUD Muba H. Ahmad Firdaus Marvel’s saat mengikuti Bimtek Pemungutan, Perhitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pilkada 2017.di Hotel Harris Pontianak, (20/12).

Materi yang disampaikan adalah Pemungutan dan Penghitungan Suara oleh Haidar Nafis Gumay (Komisioner KPU RI), materi Penggunaan Sistem Informasi Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara oleh Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah (Pimpinan Bawaslu RI), materi Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara oleh Hasyim Asy’ari (KPU RI), materi Perselisihan Hasil Pemilihan oleh Ida Budhiati (Komisioner KPU RI), Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara oleh Prof Muhammad (Ketua Bawaslu RI).

Adapun pesertanya antara lain KPUD Muba dengan peserta H. Ahmad Firdaus Marvel’s, Drs. Said Khairil Azmi dan M. Ali, untuk KPU Provinsi Sumsel diwakili Liza Lizuarni, SE, M. Rais, S.IP, MM, sedangkan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan adalah Andika Pranata Jaya, S.IP sedangkan Panwaslih Kab. Muba Andi Gunawan, SE dan Dodi Safari,S.Pd.

 

VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0 (from 0 votes)
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
users rated 5 / 5 based on 22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.