Wisata Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang, Sumatera Selatan

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Palembang adalah Al Qur’an raksasa Al Akbar yang berlokasi di Pondok Pesantren Modern IGM Al Ihsaniyah Gandus Palembang di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang. Al-Qur’an Al-Akbar merupakan al-quran terbesar didunia terdapat 30 juz ayat suci al-qur’an yang berhasil dipahat/diukir khas Palembang dalam lembar kayu dimana Al-Qur’an ini berukuran panjang 1,7 meter dan lebar 1,3 meter setiap lembarnya, dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Al-Quran ini terbuat dari kurang lebih 40 kubik kayu tembesu dengan ukiran khas Sumatera Selatan. Dibangun bertingkat lima dan kita bisa naik sampai keatas.

Gagasan pembuatan Al-Quran Terbesar ini tercetus pada tahun 2002, setelah penulis merampungkan pemasangan kaligrafi pintu dan ornamen Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan. Dari sana terpikir untuk membuat Mushaf Al-Qur’an dengan ornamen dan ukiran khas Palembang. Maka di malam bulan Ramadhan, tergambar dalam pikiran penulis sebuah Al-Qur’an raksasa yang terbuat dari kayu dan menjadi mushaf yang terbesar di dunia.

Al Quran Al Akbar mulai dikerjakan sejak tahun 2002 dan baru selesai pada tahun 2008 lalu. Pada akhir 2011, Al-Quran ini dinilai layak untuk dipublikasikan dan pada Senin, 30 Januari 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama seluruh delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI) meresmikan penggunaan Al-Quran yang disebut sebagai Al-Quran terbesar yang dicetak di atas lembaran kayu tembesu.

Untuk dapat ikut belajar dan menikmati keindahan Al Quran Al Akbar, wisatawan tidak harus membayar tiket, namun ada kotak sumbangan untuk pembangunan Al Quran Al Akbar, yang bisa diisi seikhlasnya oleh para pengunjung.

Related Posts with Thumbnails

Wisata Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang, Sumatera Selatan
1 (20%) 1 vote

users rated 5 / 5 based on 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *