Wisata Alam Air Terjun Bedegum Muara Enim Palembang

Wisata Alam Air Terjun Bedegum Muara Enim Palembang – Indonesia memiliki beberapa Air Terjun seperti Air Terjun Siguragura yang memiliki tinggi hingga 250 m, Air Terjun Payakumbuh yang terletak di Ngarai Harau setinggi 150 m, atau Air Terjun Curung CItambur setinggi 100 m. Di provinsi Sumatera Selatan juga terdapat salah satu Air Terjun tertinggi di Indonesia yaitu Air Terjun Bedegung yang memiliki ketinggian mencapai 99 m dan merupakan salah satu wisata alam yang terletak 56 km dari selatan Muara Enim atau 177 km jika ditempuh dari kota Palembang. Air Terjun ini berlokasi di Desa Bedegung Kec. Tanjung Agung Kab. Muara Enim.

Air-Terjun-Bedegung-Muara-Enim

Sumber mata air dari Air Terjun Bedegum ini berasal dari celah Bukit Barisan yang jatuh ke bawah membentuk sebuah sungai kecil yang beraliran deras menjadikan salah satu objek wisata andalan di daerah Muara Enim. Di dekat air terjun terdapat jalan setapak yang panjangnya hingga 600 m untuk memudahkan pengunjung mendatangi air terjun ini. Selain itu terdapat sebuah jembatan yang dibangun melintasi sungai kecil tersebut. Sedikit menuju ke hilir, juga terdapat tempat memancing serta pemandian alam lengkap beserta fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Di Sekitar Air Terjun juga terdapat pondok-pondok tanpa penghuni yang dapat digunakan untuk beristirahat sejenak. Selain itu terdapat juga beberapa penjual makanan untuk mengisi perut sembari menikmati keindahan AIr Terjun Bedegum.

Untuk mencapai Air Terjun ini dapat menggunakan transport darat baik berupa mobil pribadi ataupun bus, atau juga bisa menggunakan kereta api dari kota Palembang, namun tetap dilanjutkan dengan menggunakan dua kendaraan tadi. Jika beranjak dari Muara Enim membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam. Setelah mencapai perbatasan Batu Raja dan Muara Enim diteruskan perjalanan sekitar 1 jam, lalu harus melalui jalan setapak tadi yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Berdasarkan info yang palembanginfo.com terima pemerintah dari Kabupaten Muara Enim juga telah membuat jalan dari Prabumulih hingga ke Simpang Meo. Dimana panjang jalanan ini sekitar 87 km melalui area hutan industri dan kebun kelapa sawit.

Wisata Alam Air Terjun Bedegum Muara Enim Palembang
Rate this post


aik sepanas babatan sumsel sdl,
users rated 5 / 5 based on 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *