Wisata Alam Goa Putri OKU Baturaja Palembang

DSC00405

Wisata Alam Goa Putri OKU Baturaja Palembang – Goa Putri merupakan objek wisata alam kebanggaan masyarakat Ogan Komering Ulu yang terletak 35 km dari Baturaja. Di daerah Baturaja ini terdapat Sungai Ogan yang membelah daerah ini menjadi 2 bagian yaitu daerah bagian barat dan timur. Kedua daerah ini dihubungkan oleh 3 buah jembatan. Di pinggiran sungai ini terdapat sebuah batu yang disebut oleh penduduk setempat dengan sebutan batu putri. Konon kabarnya batu inilah yang merupakan Putri Balian yang menjelma menjadi batu sesuai dalam cerita legenda si Pahit Lidah. Berdasarkan cerita inilah yang menyebabkan Goa yang berlokasi tak jauh dari keberadaan batu tersebut yaitu di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji ini diberi nama sebagai Goa Putri.

Menurut kisah Goa Putri merupakan tempat tinggal dari sang putri yang berubah menjadi batu tersebut. Goa Putri ini memiliki panjang sekitar 159 m, sedangkan lebarnya antara kisaran 8 hingga 20 m dan tinggi maksimumnya 20 m. Didalamnya terdapat banyak stalakmit dan stalaktit yang telah berusia ratusan tahun. Stalaktit dan Stalagmit ini. bertemu membentuk pilar-pilar berbentuk unik. Pada Goa ini juga terdapat kolam yang sumber airnya berasal dari Sungai Semuhun yang bermuara di Sungai Ogan.

N-Batu-Putri-Dayang-Merindu.-Foto-Taufik-Wijaya

Goa Putri ini juga bersandingan dengan Goa Harimau yang berjarak sekitar 500 km. Berdasarkan info yang palembanginfo.com peroleh, di Goa Harimau ini para Arkeolog dari Pusat Penelitian dan pengembangan Arkeologi Nasional Departemen Kebudayaan dan Pariwisata pernah menemukan kerangka dari manusia yang telah berumur sekitar 3 ribu tahun. Kerangka-kerangka dari manusia yang ditemukan ada yang masih utuh namun ada juga beberapa yang sudah tidak utuh lagi, serta beragam bebatuan yang diprediksi digunakan sebagai peralatan mereka seperti batu kapak, batu pahat, batu pukul, dll. Selain itu juga dibagian dinding-dinding Goa Harimau juga terdapat beberapa gambar lukisan yang hingga kini masih diteliti oleh para ilmuwan arkeolog.

Goa Putri Ini dapat ditempuh dengan menggunakan jalur darat lebih dekat jika dijangkau dari daerah Baturaja. Jika dari Palembang harus menempuh jarak sekitar 230 km, sekitar 1 km dari jalan lintas Sumatera yang menadi penghubung antara Muara Enim dan Baturaja.

IMG_8406

Wisata Alam Goa Putri OKU Baturaja Palembang
Rate this post


lirik lagu goa putri,
users rated 5 / 5 based on 15

2 thoughts on “Wisata Alam Goa Putri OKU Baturaja Palembang

  • October 3, 2015 at 4:36 pm
    Permalink

    min, numpang tanya
    jarak palembang ke ogan komering ulu timur berapa kilometer yah? berapa jam waktu tempuhnya?

    Reply
    • October 6, 2015 at 10:06 am
      Permalink

      Jaraknya ke ibukota Kabupaten OKU Timur yaitu martapura kurang lebih 227 km, waktu tempuhnya kurang lebih 6 hingga 7 jam tergantung kondisi jalan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *