Wisata Alam Pegunungan Pagar Alam Palembang

w3

Wisata Alam Pegunungan Pagar Alam Palembang – Pagar Alam adalah sebuah kota yang terletak 60 km disebelah barat daya dari kabupaten Lahat. Kota yang berjarak kurang lebih 298 m dari Palembang serta berada di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu ini dapat ditempuh 5-6 jam menggunakan transportasi darat. Pagar Alam sebagai salah satu kota yang terkenal dengan wisata alamnya yang berupa pegunungan ini banyak menjadi tujuan bagi para wisatawan dari luar kota Palembang. Udara yang dingin disekitar kawasan pegunungan, hamparan hijau dari bermacam tanaman yang tumbuh mampu memberikan rileksasi bagi pengunjungnya.

13 Air Terjun Lematang Indah

Sebelum mencapai kota Pagar Alam, ada sebuah lokasi yang sering dihampiri para pengunjung yaitu Air Terjun Lematang. Air terjun setinggi 70 m ini juga merupakan salah satu objek wisata andalan yang berada di tepi jalan menuju pagar alam, sehingga banyak pengunjung yang berhenti sejenak untuk ke lokasi air terjun lematang.

tnga

Pagar alam juga terkenal dengan perkebunan tehnya yang terhampar luas diatas lahan berukuran 1.328 hektar disekitar lereng gunung dempo. Keindahan kebun teh ini dapat dinikmati baik dari atas puncak gunung ataupun dengan pergi ke daerah tangga seribu. Dari lokasi tangga seribu ini kita juga dapat menikmati panorama perkebunan teh yang menyegarkan mata ataupun berinteraksi dengan para pemetik daun teh yang ramah.

gunung-dempo-dan-kawah-yang-berubah-warna-2

Gunung Dempo yang merupakan puncak tertinggi salah satu dari kumpulan pegunungan yang dikenal dengan bukit barisan ini memilki tinggi 3.195 m. Gunung Dempo benar-benar dikagumi penduduk lokal maupun wisatawan yang datang berkunjung terutama bagi para hikers. Gunung Dempo sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif. Sehingga tak heran jika masih tampak terlihat asap dan semburan lumpur yang menuju ke dataran rendah. Salah satu hal yang menarik dari Gunung Dempo adalah adanya sumber mata air yang berada pada lembah yang terhampar ditengah antara puncak Gunung Dempo dan Gunung Marapi. Selain itu panorama yang indah yang diberikan ketika para pendaki berada diatas puncak gunung dempo dapat menjadi suatu kepuasan tersendiri. Untuk mendaki puncak dempo dimulai dari titik awalnya yaitu Puncak Rimau yang dapat dicapai dengan semua jenis kendaraan bermotor. Berdasarkan info yang palembanginfo.com peroleh, Puncak Rimau ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi PON XVI untuk cabang olahraga Paralayang.

 

Wisata Alam Pegunungan Pagar Alam Palembang
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 09

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *