Wisata Belanja Pasar 16 Ilir Palembang

Pasar 16 Ilir terletak di Kawasan 16 ilir Palembang, yang berdiri di samping sungai Musi. Tempat yang dijuluki sebagai Tanah Abangnya kota empek-empek ini merupakan pusat aneka kebutuhan tekstil.

Pasar 16 Ilir memiliki nilai historis bagi masyarakat wong kito. Pada pertengahan abad ke-19 area tepian sungai Musi mulai berkembang. Para pedagang dari daerah hulu biasa membawa hasil bumi seperti buah, sayuran dan kebutuhan lainnya menggunakan perahu kajang yakni sejenis perahu kayu dengan rumah-rumahan di bagian belakang sebagai tempat beristirahat. Transaksi jual beli tersebut terus terjadi dan membentuk kawasan 16 Ilir sebagai pusat perdagangan yang unik.

Selain warga pribumi pedagang yang memanfaatkan area ini berasal dari bangsa Arab, India dan Cina. Faktanya terlihat dari arsitektur bangunannya yang kental dengan nuansa Eropa, Timur Tengah.

Pasar yang terdiri dari 4 tingkat bangunan tersebut cukup modern dan bersih. Berada tak jauh dari Jembatan Ampera membuatnya mudah dijangkau wisatawan. Bahan-bahan tekstil dan konfeksi yang bisa Anda jumpai meliputi batik, pakaian dan songket. Selain itu, tempat ini juga digunakan untuk jual beli emas. Harga barang yang ada di pusat grosir Pasar 16 Ilir juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan pasar yang lain. Tak heran jika Pasar 16 Ilir disebut sebagai destinasi belanja murah di Palembang dan Sumatera Selatan.

Lantai Satu

Anda akan menjumpai puluhan pedagang tekstil, pakaian import, songket, tas wanita import dan segala pernak-pernik wanita semua tersedia.

Lantai Dua

Lapak-lapak pedagang yang terdiri dari ruko-ruko berjejer rapih dan tertata sesuai jenis barang dagangan. Di lantai ini anda akan mudah menjumpai pedagang busana muslim, aneka perlengkapan sholat yang semuanya berkualitas dengan harga yang sesuai tentunya.

Lantai Tiga

Di lantai ini anda akan mudah menjumpai pedagang busana muslim, aneka perlengkapan sholat yang semuanya berkualitas dengan harga yang sesuai tentunya. Mau beli boneka murah, perlengkapan pernikahan, sepatu, dan lainnya bisa anda cari disini.

Lantai Empat

Anda masih menjumpai para pedagang tekstil dan pakaian, pokoknya tergantung selera dan tinggal pilih aja. Kalau belum puas pilih-pilih baju di lantai dasar, lantai kedua, anda bisa melenggang sampai ke lantai empat. Dari lantai empat ini anda akan melihat pemandangan sungai musi di tengah hiruk pikuk geliat perekonomian masyarakat Palembang.

Related Posts with Thumbnails

Wisata Belanja Pasar 16 Ilir Palembang
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *