Ziarah Kubro Di Palembang

ziarah-kubro-1160x543

Tak bisa di pungkiri lagi bahwa Indonesia itu memiliki berbagai macam adat dan budaya begitu juga salah satu kota yang ada di Indonesia ini yang juga memiliki berbagai macam adat dan budaya serta tradisi yang masih di lakukan oleh masyarakat kota Palembang ini , yaitu ziarah kubro di Palembang .

Ziarah kubra ini sudah dilaksanakan di Palembang setelah bertahun-tahun dahulu oleh salaf balaawi di kota Palembang dan dilaksanakan sebelum menjelang bulan ramadhan , kegiatan ini sudah mulai popular mulai dari tahun 2004 lalu . Ziarah kubro ini merupakan event akbar karena bukan hanya ulama – ulama yang ada di Palembang saja yang menghadirinya melainkan dihadiri oleh habaib dan tamu dari berbagai daerah di Indonesia seperti pulau Sumatera , Pulau Jawa , Pulau Kalimantan serta dari luar negeri yaitu Malaysia , Singapura , Thailand , Yaman , Arab Saudi dan Negara- negara lainnya .

20130628ziarah-kubra-2--feny

Ziarah kubro ini adalah tradisi yang kaya ilmu dari sallafunasaleh yang unik dan patut disebarluaskan keberadaannya karena dapat menambah khazanah pengetahuan dan kebudayaan Islam di Nusantara dan di dunia .

Ada kabar gembira bagi kalian para traveller yang berkunjung ke Palembang , anda dapat melihat langsung bagaimana megah nya kegiatan ziarah kubro ini karena pada tahun ini event akbar ini diadakan pada tanggal 24 sampai dengan 26 sya’ban / 12 sampai dengan 24 juni 2016. Hal unik yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Palembang dan berkesempatan menyaksikan kegiatan ini adalah bahwa kegiatan ini diikuti oleh ribuaan jema’ah laki-laki yang melakukan long march diiringi dngan lantunan zikir dan do’a . Yang lebih uniknya para jemaa’h memakai baju putih kopiah putijh dan sorban seaakan membuat suasana menjadi semakin kompak .

ribuan-umat-islam-hadiri-ziarah-kubra-di-palembang

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini mulai dari jam 05.00 pagi ba’dah salat subuh berkumpul di masjid Darul Muttaqien di Pasar Kuto Palembang, lalu mulai berziarah ke Guba Al-Habib Ahmad bin Syech Shahab di Jl. Dr. M Isa sampai dengan waktu sholat jumat. Setelah sholat jumat acara dilanjutkan dengan Majlis  Rauhah dan Haul di Pondok Pesantren Ar-Riyadh . Yang lebih meriah lagi bahwa kegiatan ini tak berlangsung sehari karena pada hari ke dua dilaksanakan pada pukul 06.30.

Untuk lebih jelasnya melihat keunikan dan cirri khas budaya Palembang silakan saksikan sendiri

Ziarah Kubro Di Palembang
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *