Jajanan atau Menu Favorit Berbuka Puasa Masyarakat Palembang

Jajanan atau Menu Favorit Berbuka Puasa Masyarakat Palembang – Ramadhan telah tiba, dan bulan ini adalah bulan puasa bagi para umat muslim. Tentunya menjelang sore tiba atau saat persiapan berbuka puasa, hampir diseluruh pinggir jalan kota Palembang, akan mudah kita temui pedagang-pedagang yang menjual beberapa jajanan untuk berbuka. Kali ini palembanginfo.com ingin mengulas beberapa jajanan favorit masyarakat Palembang untuk persiapan berbuka puasa.

1. Makanan Manis

Srikayo

Bolu Srikaya

Kojo

Bolu Kojo

Ketika berbuka umat muslim disunnahkan untuk memakan makanan yang memiliki rasa manis seperti buah-buahan salah satunya adalah Kurma. Namun bisa juga diganti dengan jajanan ringan yang bercita rasa manis, seperti Bolu Srikaya & Bolu Kojo. Kedua jajanan ini memang memiliki kandungan gula, sehingga cocok untuk dijadikan makanan untuk berbuka. Terutama Srikaya yang memang banyak digemari oleh masyarakat Palembang.

2. Makanan Utama
Sekarang kita beralih ke Main Course. Pada umumnya tidak banyak masyarakat Palembang yang melanjutkan berbukanya dengan makan nasi, karena takut malah membuat ngantuk ketika nanti akan melaksanakan ibadah sholat tarawih. Sehingga masyarakat Palembang lebih memilih makanan-makanan yang lumayan mengisi perut namun tidak terlalu membuat kenyang.

pempek

Pempek

Laksan

Laksan

celimpungan

Celimpungan

Pempek, Laksan, dan Celimpungan – Ketiga makanan ini sudah menjadi menu wajib bagi masyarakat Palembang bahkan juga diluar ramadhan. Meskipun terlihat porsinya kecil namun dengan makanan ini cukup untuk mengisi perut namun tidak membuat terlalu kenyang. Tentunya dengan batas porsi yang wajar.

Lakso

Lakso

Burgo

Burgo

Lakso dan Burgo – Makanan yang terbuat dari tepung terigu dan beras ini merupakan pengganti nasi. Bahkan hanya dengan makan 1 porsi ini sudah cukup memberikan tenaga hingga sahur.

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 100

 Ragit – Salah satu makanan favorit penduduk Palembang ketika Ramadhan. Karena di luar Ramadhan cukup sulit mencari pedagang yang menjual ragit ini.

3. Minuman
Lalu bagaimana dengan minuman. Ada 3 jenis minuman yang sering dicari masyarakat Palembang untuk berbuka.

Es Tebu

Es Tebu – Pedagang yang cukup langka ditemukan ketika diluar Ramadhan. Ketika Ramadhan tiba akan muncul banyak pedagang Es Tebu yang menjual di pinggir-pinggir jalan. Mungkin karena pembuatannya yang membutuhkan mesin giling tebu sehingga tidak banyak yang menjualnya diluar Ramadhan.

Es Buah

Es Buah – Mirip sop buah, hanya saja minuman yang satu ini hanya berisi potongan buah pepaya sebagai isi utama dicampur sedikit potongan buah nanas yang disiram dengan air gula. dan ada juga yang ditambah dengan bengkuang. Es Buah juga termasuk yang digemari penduduk Palembang, karena bisa sebagai pengganti buah-buahan secara umum.

Es Dawet

Es Dawet

Es Cincau

Es Cincau

Es Dawet & Es Cincau – Minuman yang berbahan dasar Cendol & Cincau ini banyak dicari bukan hanya ketika Ramadhan tapi juga ketika di luar Ramadhan terutama ketika cuaca panas cocok untuk menghilangkan dahaga.

Itulah beberapa jajanan yang banyak dicari ketika bulan puasa sehingga banyak pedagang-pedagang lama maupun dadakan yang menjualnya menjelang berbuka tiba.

Jajanan atau Menu Favorit Berbuka Puasa Masyarakat Palembang
Rate this post


resep jajanan buka puasa,
users rated 5 / 5 based on 18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *