laksan makanan khas palembang

laksan makanan khas palembang

laksan makanan khas palembang
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 29

Laksan Makanan Khas Palembang

LaksanLaksan Makanan Khas Palembang – Mungkin kebanyakan orang yang belum pernah ke Palembang hanya mengetahui Pempek sebagai makanan khasnya. Meskipun tidak sepenuhnya salah bermula dari Pempek muncullah berragam macam jenis makanan baru yang kemudian menjadi ciri khas dari Palembang itu sendiri. Salah satunya Laksan. Salah satu kuliner favorite masyarakat Palembang, yang dulu hanya muncul ketika Ramadhan tiba. Namun sekarang diluar Ramadhan pun banyak pedagang yang menjual nya untuk dijadikan sarapan di pagi hari.

Laksan merupakan penyajian kuliner pempek dengan cara yang berbeda. Di mana pada umumnya Pempek disajikan dengan menggunakan Cuko, diubah dengan disajikan menggunakan kuah santan mirip seperti penyajian lontong sayur. Untuk pempek yang digunakan adalah pempek yang berukuran pilpih dan panjang (biasa disebut pempek lenjer) yang dipotong-potong berukuran sedang.

Untuk bahan pempek, ikan yang digunakan berupa ikan giling jenisnya bebas bisa tenggiri, gabus, kakap atau parang-parang sesuai selera. Ikan ini dicampur menjadi satu dengan tepung sagu/tapioka, garam halus serta bawang putih yang telah dihaluskan sebelumnya. Lalu dibentuk pipih & panjang kemudian di rebus di air mendidih yang sebelumnya telah diberi minyak goreng agar pempek tidak lengket.

siap rebus

Sementara untuk kuah laksannya terbuat dari cabai, bawang putih & merah, jahe, lengkuas, kemiri sangrai, merica serta ketumbar yang telah dihaluskan. Kemudian ditumis sembari dicampur daun salam dan serai, lalu disiram dengan santan kental. Tak lupa di tambah air sembari diaduk-aduk terus menerus agar santan tidak hancur. Baru ditambahkan garam dan gula sesuai selera. Terakhir setelah rasanya pas, baru dimasukkan potongan pempek tadi ditambah irisan daun bawang.

Ketika disajikan bisa juga ditambah bawang goreng. Mengingat sajian ini menggunakan santan, hati-hati bagi yang memiliki kolesterol tinggi. Laksan begitu nikmat ketika dimakan selagi hangat. Namun sedikit tips dari palembanginfo.com, jika tidak habis, Laksan ini masih bisa disimpan didalam kulkas, untuk dimanfaatkan di kemudian hari. Dengan dicuci bersih lalu digoreng kembali untuk disajikan sebagai pempek dengan Cuko.

Laksan Makanan Khas Palembang
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *