Tekwan Makanan Khas Palembang

TekwanTekwan Makanan Khas Palembang – Tekwan termasuk salah satu makanan yang merupakan turunan dari pempek. Kata-kata tekwan sering menjadi gurauan masyarakat Palembang, dimana kata tekwan sering mereka gunakan sebagai kependekan istilah dari bekoTek samo kaWan yang artinya ngobrol-ngobrol bersama teman-teman. Dan memang tekwan ini sendiri begitu nikmat jika disantap sembari ngobrol bersama teman-teman. Selain itu ada sebuah kisah yang infopalembang.com dapatkan tentang asal muasal digunakan nama tekwan ini berasal dari bahasa inggris “take one” yang artinya ambil sebiji. Terlepas dari ini merupakan suatu kebetulan atau tidak, namun tekwan tetap menjadi salah satu kuliner khas dari Palembang.

Tekwan atau yang wisatawan luar negri sering menyebutnya dengan fish cake adalah makanan yang berbentuk mirip seperti bakso ikan meskipun tidak bulat penuh seperti bakso namun dalam berukuran kecil, yang disajikan bersama kuah kaldu udang.

Umumnya bahan utama tekwan terbuat dari potongan ikan tenggiri yang dicampur serta dikocok menjadi satu dengan putih telur dan air es hingga rata dan halus. Kemudian ditambah garam secukupnya serta dikocok sembari dituangkan air. Lalu dimasukkan sagu perlahan-lahan sembari diaduk hingga adonan rata. Setelah adonan jadi, ambil 1 sendok teh dari adonan tadi lalu dibentuk menjadi bulat pipih. Kemudian rebus adonan yang telah dibentuk tadi di air mendidih hinggga mengapung & matang, angkat lalu tiriskan.

Untuk kuahnya tumislah bawang putih & merah hingga harum, lalu masukkan kepala udang kemudian diaduk hingga berubah warna. Masukkan saus pempek, udang kering, tongcai, kecap asin, kaldu ayam, gula pasir & garam serta merica diaduk hingga rata. Tambahkan bengkuang, jamur kuping, dan bunga sedap malam lalu tuangkan air masak hingga mendidih & matang.

Saikan Tekwan tadi bersama kuahnya ditambah bihun, jangan lupa taburi irisan daun bawang & bawang goreng. Bisa juga ditambah jeruk nipis & sambal bagi yang suka.

tekwan-kering

Jika tidak mau repot, sekarang jugatelah dijual Tekwan kering beserta bahan untuk membuat kuahnya. Sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Palembang.

Inilah kuliner yang sudah menjadi sarapan khas pagi bagi masyarakat Palembang, atau ketika hari yang dingin kehangatan tekwan benar-benar begitu nikmat dilidah.

Tekwan Makanan Khas Palembang
1 (20%) 1 vote


sejarah tekwan, asal usul tekwan, sejarah budaya tekwan, asal mula tekwan,
users rated 5 / 5 based on 21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *