Mengenang Sisa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Taman Purbakala Karang Anyar Palembang

menara karang anyar

Mengenang Sisa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Taman Purbakala Karang Anyar Palembang – Bila kita pernah belajar sejarah indonesia maka pastilah kita tahu betapa hebatnya masa-masa kejayaan kerajaan Sriwijaya pada zaman dahulu . Mungkin kita tidak percaya atau bertanya-tanya apakah benar adanya kerajaan tersebut nah jika kita penasaran ada atau tidaknya tentang kerajaan dinasti Sriwijaya ada baiknya bila kita mengunjungi salah satu tempat populer pada masa kejayaan dinasti Sriwijaya .

Karang Anyar, adalah salah satu tempat pusat jalur perdagangan bagi kerajaan Sriwijaya yang ada di kota sumatera selatan palembang . Karang Anyar merupakan situs awal berdirinya kerajaan sriwijaya karena kerajaan ini terkenal sebagai kerajaan maritim maka tak heran pula letaknya pun dekat dengan sungai , yups tentunya di dekat situs peninggalan kerajaan sriwijaya ini pun dialiri dengan aliran sungai musi yang dulunya adalah tempat transitnya kapal-kapal dagang dari kerajaan-kerajaan lain yang ingin melakukan perdagangan dengan kerajaan sriwijaya .

Taman Purbakala Karang Anyar ini yang sempat berjaya di Asia tenggara terletak di kecamatan Gandus atau lebih dikenal terletak di daerah tangga buntung ,meskipun kanal-kanal ini dibuat dengan buatan manusia tetapi wilayah itu dikenal dengan perkampungan kerajaan sriwijaya .

Sobat disini kita bisa melihat bekas peninggalan kerajaan sriwijaya yang berharga seperti Situs terbesar adalah subsitus Karanganyar 1 berupa sebuah kolam berdenah empat persegi panjang membujur arah utara-selatan berukuran 623 x 325 meter, dan ditengah pulau itu terdapat dua pulau yaitu pulau nangka dan pulau cempaka . Terdapat juga beberapa museum yang menyimpan banyak informasi tentang kerajaan ini dan beberapa sisa-sisa keramik , perahu , manik-manik serta bangunan candi atau bekas istana .

Ada juga menara 4 tingkat yang bisa kita naiki dan melihat indahnya pemandangan dari sana , pada sore hari banyak muda-mudi datang kesini untuk bersantai dan menikmati berbagai bentuk jajanan yang ada disana , pada hari-hari tertentu biasaya tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk merayakan suatu cara seperti misalnya ulangtahun indonesia pada 17 agustus tempat ini sangat ramai , hal yang paling dinanti bagi para pengunjung pada saat 17 agustus adalah melihat lomba bidar di karang anyar karena cukup meriah .

Tetapi sobat karang anyar pun tak kalah hebatnya pada hari tertentu saja pada hari biasa pun karang anyar masih banyak kedatangan pengunjung atau para sejarahwan yang ingin menyaksikan langsung peninggalan-peninggalan berharga karena memang tempatnya yang sangat sejuk ,luas dan indah maka tak heran karang anyar sering didatangi oleh orang-orang walau masih banyak orang yang kurang tahu dimana daerah ini berada.

Mengenang Sisa Kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Taman Purbakala Karang Anyar Palembang
Rate this post

users rated 5 / 5 based on 07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *