Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Selatan

Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Selatan – Tanah Sumatera Selatan terhampar begitu luas, dengan berbagai keindahan pesona alamnya, serta peninggalan-peninggalan bersejarah. Menjadikannya Sumatera Selatan memiliki banyak tujuan wisata di masing-masing daerahnya. Kali ini palembanginfo.com telah memilih beberapa Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Selatan.

1. Hutan Punti Kayu

punti kayuHutan Wisata yang terletak tak jauh dari Ibukota Palembang ini berisi satwa-satwa dari Sumatera dan juga merupakan kawasan Hutan Pinus terbesar se-Indonesia. Hal ini pernah dibahasa pada artikel Tempat Objek Wisata Terbaik Palembang sebelumnya.

2. Danau Ranau

2 Danau RanauDanau Nomor 2 Terbesar di Pulau Sumatera ini terletak diperbatasan Provinsi Lampung & Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Danau ini terkenal dengan Pulau Marisa dimana terdapat sumber mata air panas dan juga Air terjun. Danau ini menadi andalan objek wisata daerah Ogan Komering Ulu Selatan.

3. Pulau Kemaro

kemaroSebuah Delta kecil yang terletak di tengah Sungai Musi atau sekitar 6 km dari Jembatan Ampera, terkenal akan Pagoda 9 lantainya, yang sering dikunungi umat Budha terutama ketika Hari Raya Imlek. Hal ini juga pernah kami bahas di Artikel Tempat Objek Wisata Terbaik Palembang sebelumnya

4. Pulau Maspari

4 MaspariTerletak di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Tulung Selapan yang dapat ditempuh dengan Speed Boat dari dermaga BKB Palembang menuju selat Bangka sekitar 6 jam atau lewat darat menyusuri sungai lumpur ke kecamatan Tulung Selapan selama 2 jam kemudian diteruskan dengan speed boat ke Maspari 4 jam. Pulau ini terkenal dengan pasir putih sertaq pemandangan yang memukau serta adanya beberapa flora & fauna yang eksotis.

5. Rumah Seratus Tiang

5 100 TiangRumah adat dalam suku Kayu Agung ini penuh sejarah dan tetap dibiarkan dalam keadaan aslinya, berlokasi di Desa Sugi Waras Kecamatan Teluk Gelam. Penghuni rumah ini merupakan keturunan dari Pangeran Rejed. Meskipun ada beberapa bagian rumah yang direnovasi seperti karena bocor atau patah namun selalu diupayakan untuk dijaga keasliannya.

6. Goa Puteri

6 Goa PuteriSalah satu Obejk Wisata andalan Kabupaten OKU yang berada di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji atau sekitar 35 km dari Baturaja. Terkenal dengan jejak-jejak hunian manusia dimasa lampau seperti pecahan gerabah, beragam alat batu pahat maupun kapak, dll.

7. Danau Teluk Gelam

7 Teluk GelamDanau yang penuh pesona alam yang dapat ditempuh melalui jalan lintas timur Sumatera menuju ke arah Lampung, Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir sekitar 92 km sebelah tenggara dari Kota Palembang. Danaunya bisa digunakan untuk olah raga dayung & jet ski.

8. Jembatan Ampera

AmperaJembatan yang merupakan denyut nadi kota Palembang ini pernah kami ulas di artikel Tempat Objek Wisata Terbaik Palembang sebelumnya, yang juga merupakan salah satu ikon Kota Palembang. Meskipun telah berumur dan telah dilakukan berbagai macam renovasi untuk menjaga kondisinya, tetap saja Jembatan ini penuh dengan sejarah lampau. Jembatan yang ketika malam begitu mempesona dengan sinar lampu yang terpasang di sekitarnya

9. Gunung Dempo

10 Gunung DempoGunung yang berada di kota Pagaralam perbatasan Sumatera Selatan & Bengkulu serta merupakan penghasil Kopi Robusta ini dapat ditempuh 7 jam menggunakan transportasi darat dari Palembang. Meski Gunung ini cukup tinggi, tapi dipertengahan jalan dapat ditemui air jernih jika kehabisan air minum diperjalanan. Sekitar 4 atau 5 jam perjalanan pendaki dapat melihat vegetasi tumbuhan berpohon rendah dan beberapa daerah sedikit terbuka sehingga pemandangan menjadi luas. Gunung dempo memiliki 2 buah puncak yaitu Puncak Api. Pendakian kepuncak relatif tidak terlalu sulit, namun tetap harus hati-hati karena Gunung Dempo termasuk salah satu gunung yang masih aktif. Pemandangan dari puncak pun cukup mengasyikkan.

10. Air Terjun Bidadari

11 Air Terjun BidadariAir Terjun tempat Syuting lokasi film ‘Si Pahit Lidah’ memang menjadi daya tarik tersendiri. Dengan keindahan alam yang alami, air terjun ini mudah untuk dicapai. Terletak di Desa Karang Dalam, kecamatan Pulau Pinang lebih kurang 8 km dari kota Lahat. Dan di sekitar lokasi tersebut terdapat 3 air terjun lainnya yang tidak berjauhan yaitu Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan Air Terjun Naga.

11. Air Terjun Bedegung

70kunjungan wisata Obyek wisata air terjun bedegungMerupakan salah satu Air Terjun tertinggi di Indonesia mencapai 99 m, terletak di Desa Bedegung kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim 56 km dari perbatasan Baturaja & Muara Enim akan membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk menuju kelokasinya. Air Terjun ini berasal dari celah-celah Bukit Barisan yang menghasilkan sungai-sungai kecil yang cukup deras.

12. Air Terjun Lematang Indah

13 Air Terjun Lematang IndahSalah satu air terjun yang banyak diknjungi wisatawan ketika mereka akan menuju ke Kota Pagaralam karena lokasinya yang berada di tepi jalan lintas sehingga mudah dicapai. Disekitar daerah ini juga biasa dijadikan arung jeram bagi yang menyukai tantangan. Selain itu terdapat juga 2 kawasan Air Terjun di kaki Gunung Dempo yaitu Cughup Embun dan Cughup Mangkok yang lokasinya berdekatan sekitar 500 m.

13. Arung Jeram Sungai Manna

12 Arung Jeram Sungai MannaBagi yang hoby olahraga extreem seperti arung jeram, maka di Kota pagaraalam terdapat Arung Jeram Sungai Manna, yang berlokasi di Kecamatan Tanjung Sakti 40 km arah tenggara Gunung Dempo dari pusat Kota Pagaralam.

14. Candi Bumi Ayu

14 Candi Bumi AyuMerupakan salah satu peninggalan agama Hindu yang berada di pesisir sungai Lematang, Desa Bumiayu kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukai Abab Lematang Ilir. Terdapat 9 candi yang telah ditemukan disini, yang mana 4 diantaranya telah dipugar sejak tahun 1990 hingga sekarang. Candi Bumiayu ini adalah bekas istana Kerajaan Gedebong Undang yang wilayahnya sampai Modong & Babat.

Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Selatan
5 (100%) 2 votes

users rated 5 / 5 based on 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *